ARIPITSTOP.COM – Kabar buruk kembali datang dari kubu Yamaha, Rossi dinyatakan gagal tes kesehatan setelah dirinya dinyatakan masih mengidap virus Covid-19. Hasil tes Covid-19 miliknya yang masih positif membuat Rossi kemungkinan besar akan absen di GP Eropa yang mana akan berlangsung pada Minggu 8 November 2020.

Hasil positif itu didapatkan Rossi usai kembali menjalani tes Covid-19 pada Selasa 3 November 2020 kemarin. Namun, peluang Rossi untuk tetap mengikuti balapan MotoGP Eropa 2020 di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia, Spanyol sebenarnya masih ada.

Andai saja Rossi mendapatkan hasil negatif saat melakukan tes Covid-19 pada Rabu (4/11/2020) waktu setempat. Maka ada kemungkinan The Doctor bisa tampil di balapan akhir pekan nanti. Tetapi, itu pun Rossi harus kembali melakukan tes lagi agar bisa benar-benar dibolehkan untuk ikut balapan. Sebab ada peraturan seorang yang sudah sempat terpapar virus corona harus mendapatkan dua kali hasil negatif jika ingin kembali mengikuti balapan.

“Kemampuan Rossi untuk berkiprah di GP akhir pekan ini masih belum pasti. Untuk diizinkan berkompetisi di MotoGP Eropa pada akhir pekan ini, dia membutuhkan hasil tes negatif dari dua tes PCR yang dilakukan dengan selang waktu 48 jam, sesuai aturan FIM,” bunyi pernyataan Yamaha di laman resmi mereka, Rabu (4/11/2020).

“Rossi telah mengikuti tes PCR pada Selasa 3 November, yang hasilnya positif. Meski demikian, hari ini (Rabu 4 November) dia akan menjalani tes baru. Jika hasil tes di Italia negatif, dia masih memiliki cukup waktu untuk menyelesaikan tes PCR kedua yang diperlukan dan terbang ke Valencia,” tambah pernyataan resmi Yamaha.

“Sebagai tindakan pencegahan, tim menunjuk pebalap GRT Yamaha WorldSBK, Garrett Gerloff sebagai pembalap pengganti yang akan berjaga-jaga di Valencia akhir pekan ini. Pembalap Amerika itu akan menggantikan Rossi jika pembalap Italia tersebut tidak dapat memenuhi persyaratan dari dua hasil tes PCR negatif berturut-turut yang dia perlukan untuk diizinkan ambil bagian dalam GP Europa mendatang,” tutup pernyataan dari Yamaha.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini