ARIPITSTOP.COM – Sebelumnya ada 4 tim pabrikan secara resmi memprotes penggunaan winglet yang ada di swing arm motor Ducati, gugatan ditolak akhirnya keempat tim mengajukan banding ke FIM. Tim yang menggugat tersebut yakin bahwa winglet yang terpasang tepat di depan ban belakang motor Desmosedici mampu menghasilkan downforce yang berpengaruh pada aspek aerodinamika. Sidang FIM dimuali pada hari Jumat 22/03/2019, berlangsung selama 7 jam namun belum bisa menghasilkan keputusan.

Sidang banding di markas FIM di Mies, Swiss, digelar pada Jumat (22/3/2019) kemarin. Sidang tersebut dihadiri oleh Massimo Rivola (Aprilia), Alberto Puig (Repsol Honda), Mike Leitner (KTM), dan Davide Brivio (Suzuki), sementara pihak Ducati diwakili oleh sang Manajer, Gigi Dall’Igna, dan Koordinator Teknis, Fabio Sterlacchini.

Pengadilan banding tersebut dipimpin oleh Anand Sashidharan (India), Lars Nilson (Swedia), dan Sakari Vuorensola (Finlandia) untuk meninjau fakta yang diajukan oleh kedua pihak.

Namun, sidang yang berlangsung selama 7 jam tersebut belum menghasilkan keputusan apapun. Penundaan itu tidak lepas dari keinginan FIM untuk mempertimbangkan kembali beberapa aspek data yang telah dikumpulkan. Hasil sidang akan diumumkan sebelum balapan MotoGP seri kedua digelar di Autodromo Termas de Rio Hondo, Argentina, pada 29-31 Maret mendatang untuk menjalani seri MotoGP Argentina 2019.

Dalam sidang tersebut Gigi Dall’Igna mengajak Koordinator Teknis, Fabio Sterlacchini untuk menjelaskan fungsi dari winglet yang terpasang di swing arm Ducati. Dall’Igna menegaskan bahwa winglet tersebut tidak menghasilkan downforce yang berpengaruh pada aspek aerodinamika.

Akan tetapi Ducati tidak rela jika fungsi sebenarnya dari winglet diungkap secara detail. Dall’Igna kecewa harus membuka data tentang Ducati, termasuk fungsi winglet kontroversialnya tersebut.

“Jika itu terserah saya, saya tidak akan pernah mengungkapkan untuk apa komponen ini,” ucap Dall’Igna kepada Gazetta dello Sport.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini