ARIPITSTOP.COM – Jika saat ini bayar pajak tahunan kendaraan hanya menyertakan dokumen lengkap saja, mulai tahun depan para pemilik kendaraan harus menyertakan data jika kendaraan yang kita perpanjang sudah harus lulus uji emisi.

Kepala DLH DKI Jakarta Isnawa Adji, membenarkan rencana mewajibkan mobil dan motor untuk melampirkan lulus uji emisi saat akan membayar pajak tahunan.

“Rencana 2020 seperti itu, untuk mobil dan sepeda motor dalam cakupan DKI Jakarta wajib uji emisi. Lalu keterangan lulusnya dilampirkan saat akan membayar pajak tahunan kendaraan,” ujar Isnawa kepada Kompas.com, Minggu (24/2/2019).

Sebenarnya aturan ini sudah lama ada hanya saja belum ada realisasi dan kesiapannya serta menunggu proses aprove dari pihak Pemda DKI, karena untuk uji emisi ini rencana awal diterapkan di wilayah Jakarta dulu. Hal ini seperti yang tertera pada Peraturan Daerah (Perda) Nomor 2 Tahun 2005 mengenai Pengendalian Pencemaran Udara.

“Kalau sudah diterapkan berarti nanti yang tidak melampirkan lulu uji emisi tidak bisa perpanjang pajak. Wacana ini sudah lama ada, tapi memang belum terealisasi makanya sekarang kita coba dorong,” kata Isnawa.

17 KOMENTAR

  1. Lha kalo bus, truk, motor, mobil ga ada yg lulus uji emisi negara dapet duit dari mana klo bukan dari pajak2 mereka… ? Yg skrng aja banyak yg ga bayar pajak apalagi hal kaya gini di buat. Makin banyak yg ga bayar.. …

    • kalau lihat pengalaman yg sudah sudah, peraturan kaya gini sih ujung-ujungnya cuma untuk nyari duit.
      contoh paling gampang, kendaraan umum & pengangkut barang wajib uji kir, tapi coba lihat sendiri di jalan, banyak yg tidak laik jalan.
      berarti peraturan uji kir itu bull$#!t doang.
      yg penting setor duit otomatis langsung lulus uji kir.
      makanya banyak yg pesimis karena peraturan uji emisi ini paling juga akan bernasib sama dengan uji kir.

  2. Akan semakin banyak yg ga membayar pajak.. klopun ad tpi kendaraan.y ga lolos akan membiakkan calo perpajakan..
    ????
    Niat.y bags.. tpi masyarakat kita terkenal males ribet..
    Blum lagi untuk perawatan kendaraan hanya segelintir orang yg bner2 rawat kendaraan.y.. banyak yg motor dah ngebul, oli shock rembes, ban botak, lampu mati ga kunjung dibenerin karna blum ad biaya.. apalagi suruh ngurusi emisi yg tak kasat mata..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini