ARIPITSTOP.COM – Kelas baru balapan motor listrik di MotoGP sudah akan dimulai pada musim 2019, bahkan para tim dan pembalap sudah melakukan tes uji coba di Jerez pada tanggal 23-25 November 2018. Ada yang menari dari penampakan motor balap yang nantinya akan digunakan untuk balapan di kelas MotoE, semua tim tetap menggunakan motor Energica Ego akan tetapi ada update desain dari sebelumnya yang sering dipamerkan oleh Dorna.

FIM Enel MotoE World Cup merupakan sebuah kelas balapan motor yang menggunakan motor listrik yang disuplai oleh Energica. Pada musim debutnya pada 2019 ini diselenggarakan di 5 seri Eropa sesuai dengan kalender MotoGP World Championship yang digelar di Jerez Spanyol, Le Mans Prancis (keduanya berlangsung di bulan Mei 2019), Sachsenring Jerman (Juli 2019), Red Bull Ring Austria dan Misano Italia (Agustus 2019).

FIM Enel MotoE World Cup diharapkan bisa berkembang untuk musim-musim berikutnya, tidak hanya di Eropa tetapi juga di seluruh benua seperti halnya MotoGP World Championship. Sebanyak 19 pembalap akan meramaikan kelas MotoE, salah satunya Sete Gibernau yang kembali dari masa pensiun. Bahkan diramaikan juga pembalap cewek, Maria Herrera yang kembali lagi ke MotoGP setelah di musim 2018 pindah ke WSSP300, sebelumnya sejak 2015 hingga 2017, pembalap cewek asal Spanyol ini turun di kelas Moto3 bersama AGR, namun akibat timnya bangkrut dan dirinya tidak mendapatkan tim di musim 2018, akhirnya pindah ke World Supersport 300. Dan Herrera secara resmi teken kontrak bersama tim MotoE Angel Nieto untuk musim 2019.

Dan yang menarik adalah penampilan motor listrik yang akan digunakan balapan nanti, sebelumnya Dorna selalu memamerkan motor Energica Ego yang masih dalam kondisi desain standar layaknya motor produksi massal, karena memang motor listrik yang digunakan untuk balapan ini adalah benar2 motor produk massal yang sudah dijual secara bebas.

Kalau melihat desain yang terakhir terlihat di Jerez, tampak bagian depan dan fairing sampai tangki mendapatkan perubahan signifikan, sudah bed abanget dengan versi masspro, lebih keren yang versi balap tentunya.

Motor ini memakai fairing body balap menggunakan bahan carbon fiber, kemudian ditambah lagi dengan perangkat suspensi Ohlins, ban Michelin full slick dan parts pengereman Brembo khusus balap bikin Energica Ego.

Yang mencuri perhatian ketika motor ini dipretelin, terlihat tempat baterai yang digunakan sebagai sumber tenaga motor yang terdapat banyak sel baterai yang total berkapasitas 20 KWh, sedangkan untuk motor penggeraknya, berada tepat di belakang baterai motor.

Untuk unit kontrol (sejenis electronic speed controller) alias otak dari motor ini, berada tepat di atas baterai. Maklum saja kalau motor ini memiliki mencapai 260 kg, sangat jauh dibandingkan dengan bobot motor MotoGP yang hanya kisaran 158 kg saja. Tetapi kecepatan dari motor ini ternyata tak kalah dari balap motor kelas Moto2, akselerasi motor MotoE yang mengagumkan (0 – 100 Km/H dalam waktu kurang dari 3 detik).

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini