ARIPITSTOP.COM – Yamaha Byson memang identik dengan khas motor selera India, tidak heran jika motor yang dulu versi karburator ini laris manis di Indonesia tetapi setelah berubah menjadi versi injeksi dan tetap mempertahankan desain spasar India akhirnya motor ini semakin layu di Indonesia. Jika penjualan Byson di Indonesia bisa dibilang telah mati suri, berbeda dengan di India yang justru menjadi tulang punggung penjualan motor Yamaha.

Tahun 2017, penjualan Byson FI juga tak segemilang motor Yamaha lainnya. Selama setahun penuh, Yamaha hanya mengirim 678 unit Byson FI. Dan di tahun 2018 justru semakin terpuruk, selama 4 bulan hanya bisa didistribusikan 2-3 unit saja sedangkan hanya di bulan Maret mampu tersentuh 45 unit. Di bulan April hanya laku 2 unit saja sedangkan bulan Mei laku 3 unit tetapi di bulan Juni 2018 kemarin justru tidak ada pengiriman unit sama sekali. Artinya motor ini memang seperti mati suri, tetapi belum Yamaha Indonesia masih mempertahankan motor ini untuk melengkapi line up mereka di segmen sport entry level.

Berbeda nasibnya di India yang diberi nama FZ FI, secara desain dan fitur sama persis seperti Byson di Indonesia. Pasar motor di India memang seleranya berbeda dengan Indonesia, jika di tanah air sekarang lagi suka motor matic, bahkan 80% dikuasai oleh matic, berbeda dengan di India yang lebih suka memakai motor sport entry level seperti FZ FI, Bajaj Pulsar atau Suzuki Gixxer yang harganya terjangkau banget. Penjualan motor di India lebih didominasi oleh motor lokal seperti Bajaj, TVS serta Hero. Bisa kita lihat top 10 penjualan motor sport di india dibawah ini, berikut penjualan motor sport di bulan September 2018 :

Bisa dilihat motor lokal sangat mendominasi, kembali lagi ke motor Byson India. Untuk penjualan FZ FI memang tidak sebesar penjualan sport lokal India namun angkanya cukup tinggi untuk kompetitor sesama motor asal Jepang. Penjualan FZ FI alias Byson FI ini menjadi penjualan nomor satu di Yamaha India, dalam sebulan bisa menyentuh angka hingga 20ribuan unit, berbeda jauh jika dibandingkan dengan penjualan Byson di India.

Berikut hasil penjualan FZ FI selama tahun 2018 di India :

Januari Februari Maret April Mei Juni Juli Agustus September
15.310 17.182 18.348 20.366 20.643 17.196 17.146 18.777 21.205

sumber data : auto punditz

10 KOMENTAR

  1. Wuih gurih bener itu si kebo, memang bagus si buat harian cocok banget memang, tapi sayang jempol netizen Indonesia jahat-jahat
    Motor itu ada peruntukannya:
    – Harian (Tampang sederhana, konsumsi bbm irit, power juga pasti sesuai harga)
    – Nampang (Sudah pasti ganteng, power ok, irit nilai plus)
    – Race ( Sudah pasti nungging, power ok, harga ok,konsumsi BBM juga ok)

    Tinggal pilih mau yang mana …
    Jangan Oon beli kebo di comfare sama kuda, kan ga nyambung…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini