ARIPITSTOP.COM – Honda baru saja resmi merilis minor facelift dari CBR150R, motor fairing 150cc ini kini sudah memiliki fitur pengamanan disektor pengereman dengan penambahan rem ABS. Bukan hanya ABS saja akan tetapi perubahan lainnya juga terjadi di bagian cover depan. New Honda CBR150R yang mengusung konsep “Total Control” hadir dengan tampilan baru pada warna Matte Black, Victory Black Red, Honda Racing Red, dan MotoGP Edition. 

New Honda CBR150R kini memiliki dua tipe yaitu tipe standar dan ABS, dengan banderol :

  • Matte Black dan Victory Black Red dipasarkan dengan harga OTR (On The Road) Jakarta Rp 33.800.000,- untuk tipe STD dan Rp 37.800.000,- untuk tipe ABS.
  • Sementara pilihan warna Honda Racing Red dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.500.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.500.000,- untuk tipe ABS.
  • Sedangkan warna MotoGP Edition dipasarkan dengan harga On The Road (OTR) Jakarta Rp 34.700.000,- untuk tipe STD dan Rp 38.700.000 untuk tipe ABS.

Lalu apa perbedaan yang terjadi antara CBR150R sebelumnya dengan yang versi terbaru karena secara sekilas hampir tidak ada perubahan. Kalau kita lihat secara detail bisa dilihat untuk visor depan dan cover headlamp mengalami perubahan. Kini desain windshield kini tinggi dan agak cembung tidak datar seperti versi lawas.

Lalu kita lihat bagian bagian headlamp sepertinya masih sama hanya beda di cover depannya saja.  Akan tetapi desain spion sudah berbeda, yang sekarang mirip CBR250RR ya…

Tampilan warna speedometer yang berbeda, kini negatif LCD dengan background warna biru.

 

Kemudian kita lihat di bagian bawahnya, kita lihat dulu bagian disc brakenya, terlihat piringan cakram versi lama dengan model bulat kini sudah memakai  tipe wave alias bergelombang.

Lalu kita lihat bagian velgnya, meski sama2 memakai palang 5 yang bercabang akan tetapi desainnya berbeda, lihat saja desainnya kini mirip velg CB150R Exmotion dari Thailand.

Kemudian sudah pasti ada fitur tambahan Anti-lock Braking System (khusus untuk tipe ABS), fitur yang penting di bagian pengereman. Selain itu ada juga fitur terbaru yaitu Emergency Stop Signal (ESS) pada tipe ABS yang menunjang keselamatan pada saat pengereman mendadak.

ESS secara otomatis akan mengaktifkan lampu hazard saat rem dioperasikan, sehingga dapat memberikan peringatan ke pengendara jalan lainnya di sekitarnya terutama pada posisi di belakang kendaraan untuk menghindari kemungkinan kecelakaan.

Dan fitur yang satu ini kita melongo… sok depan meskipun masih teleskopik tapi bisa disetel tingkat ayunannya, ada 5 level dengan level standar memakia level 3 dan untuk level 1 merupakan yang terkeras dan level 5 memiliki ayunan paling empuk. Bukan hanya depan tapi sok belakang juga demikian bisa kita setel sesuai kebutuhan.

Lalu untuk urusan mesin masih sama dengan versi lawas, New Honda CBR150R  mengusung  mesin  150cc DOHC-6 kecepatan, 4-valve, berpendingin cairan (liquid-cooled). Performa tingginya menghasilkan tenaga 12,6 kW (17,1 PS) @9.000 rpm dan torsi 14,4 Nm (1,47 kgf.m)@7.000 rpm.

Yap, itulah beberapa perbedaan yang ada di New Honda CBR150R, ternyata perubahan yang minor saja tidak ada perubahan secara signifikan, semoga saja secepatnya AHM merilis CBR150R yang serba new new dan new…

15 KOMENTAR

  1. ukuran pelek nya masih sama kaya sebelomnya apa berubah bro? kalo exmotion perasaan 3.0 dan 4.0 inch jeh…berarti beda dong ama nih cbr…….di blog lain kata nya udh trial componen upside down, floating caliper dengan g sensor ternyata tidak terbukti ya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini