ARIPITSTOP.COM – Biasanya Kita hanya membahas penjualan motor di Indonesia lewat data AISI, namun Kita tidak mengetahui berapa jumlah penjualan motor di negara tetangga terutama di Asia Tenggara,  Kita akan kaget ketika melihat penjualan motor di Malaysia yang ternyata sangat jauh dibandingkan Indonesia.

Melalui data yang dipublish oleh ASEAN Automotive Federation alias AAF, kalau di Indonesia sama seperti AISI. Dari daftar penjuqlqn yang dipublish oleh AFF ternyata Indonesia menjadi market terbesar roda dua, pantas saja jika pihak Dorna sudah kebelet pengen balapan MotoGP digelar di tanah tercinta ini. Tahun 2016 lalu penyerapan pasar roda dua di Indonesian mencapai 6 juta unit meski menurun namun p3njualan di tahun 2017 masih tinggi diangka 5,8 juta unit. Luar biasa… p3njualan motor di Indonesia, masyarakat Indonesia masih menganggap motor sebagai alat transportasi yang sudah dan pastinya harga yang sangat terjangkau meski dari sisi keselamatan masih jauh dibandingkan dengan Mobil.

Thailand menjadi negara kedua yang bisa menjual motor sebanyak 1,8 juta unit di tahun 2017 yang naik dari sebelumnya 1,7 juta unit di tahun 2016. Sedangkan filipina menjadi negara ketiga yang bisa menjual motor sebanyak 1,3 juta unit di tahun 2017 sedangkan Malaysia yang luas wilayahnya hampir sama seperti Thailand dan negara ASEAN lainnya ternyata hanya menjual motor sebanyak 400ribuan unit saja. Masyarakat Malaysia sepertinya  lebih banyak memilih angkutan Mobil dibandingkan dengan motor. Jadi jangan heran kalau Kita main ke Kuala Lumpur akan lebih banyak populasi Mobil dibandingkan motor.

Luar biasa, Indonesia menguasai 62,22% pangsa pasar motor di ASEAN.

Pic by warungasep

10 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini