Pemerintah daerah Jakarta akhirnya menyerukan peraturan beli mobil harus punya garasi dulu, jika tidak punya garasi maka tidak boleh mobil. Pada saat akan membeli mobil harus mempunyai surat keterangan kepemilikan garasi. Hal ini disebabkan adanya peningkatan jumlah pembelian kendaraan dan banyak warga yang membeli mobil namun tidak memiliki garasi sehingga mobilnya parkir di jalan umum.

“Sebelum dia beli mobil itu ada jaminan dari yang mau beli, menerangkan bahwa dia punya garasi. Jangan (beli mobil) enggak punya garasi,” kata Djarot di Balai Kota, Jakarta, Selasa 5 September 2017.

“Tidak ada garasi, mobilnya jadi parkir di mana-mana. Nah inilah yang kita sosialisasikan terus. Kalau anda ingin membeli kendaraan bermotor, mobil, harus punya garasi,” tegas Djarot. Viva.co.id.

Peraturan mengenai kepemilikan garasi ini sebenarnya sudah ada, dan kini semakin disosialisasikan oleh Pemda DKI. ketentuan ini sudah tercantum pada Peraturan Daerah (Perda) nomor 5 tahun 2014 tentang transportasi.

Berikut isinya :

PERATURAN DAERAH PROVINSI DAERAH KHUSUS IBU KOTA JAKARTA NOMOR 5 TAHUN 2014 TENTANG TRANSPORTASI

Pasal 140

(1) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi.
(2) Setiap orang atau badan usaha pemilik kendaraan bermotor dilarang menyimpan kendaraan bermotor di ruang milik jalan.
(3) Setiap orang atau badan usaha yang akan membeli kendaraan bermotor wajib memiliki atau menguasai garasi untuk menyimpan kendaraannya yang dibuktikan dengan surat bukti kepemilikan garasi dari kelurahan setempat.
(4) Surat bukti kepemilikan garasi sebagaimana dimaksud pada ayat (3) menjadi syarat penerbitan Surat Tanda Nomor Kendaraan Bermotor.
(5) Ketentuan lebih lanjut mengenai kepemilikan kendaraan bermotor diatur dengan Peraturan Gubernur.

12 KOMENTAR

  1. Ntar pendapatan negara turun dari pendapatan pajak kendaraan, abis itu semua rumah warga di datengin buat di minta in pajak kendaraan, abis itu diberlakukan pajak progresif 100% setiap kendaraan, ketka WN tidak beli kendaraan akhirnya pajak bumi dan bangunan naik 200%, ketika warga tidur di tenda2 ntar tenda kena pajak juga, abis itu setiap nafas WN kena pajak

  2. Amat sangat setuju…ga punya parkiran sebaiknya jangan beli mobil dulu, toh jakarta macet lebih baik punya motor aja. Hak jalan jadi habis dipakai oleh mobil yg ga punya tempat parkir. Kalo ketabrak galakan yg numpang di jalan. Tinggal bgmn sanksinya nich, semoga bisa tegas.
    Ga punya parkiran jgn beli mobil. Ayo naik motor aja kita.

  3. Setuju bgt nih, kalo bisa semua daerah, Masalahnya pemerintah kudu punya perangkat khusus / tim buat cek kondisi real di lapangan. Sistem yg model gini biasanya awal2 aja yg bagus, kebelakangnya gak konsisten krn sumberdayanya ngga dimaintain keprofesionalannya. Kud u ky jepang, sblm beli mobil dimintain sertifikat garasi dulu.

  4. kalo misal pemilik mobil simpen mobilnya tiap hari d pinggir jalan ya salahh.. bener mending jangn punya mobil nah itu org jalan buat umum malah d buat untuk parkir.. kecuali kalo misal naruh mobilnya d pekarangan.. ga papa lah..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini