Beredar video polisi menyuruh pemilik knalpot brong atau racing merusak knalpotnya sendiri di depan polisi, yap… knalpot brong atau racing yang dinilai mengganggu karena polusi suara yang dihasilkan. Sudah sering terdengar berita polisi menyita atau menilang bahkan sekarang juga marak polisi menyuruh sang pemilik motor yang memasang knalpot langsung dirusak di tempat.

Seperti dalam video yang ramai dishare ini, polisi tampak menyuruh pemilik motor yang memakai knalpot brong/racing merusak sendiri knalpot miliknya. Untuk kepastian hukum merusak sendiri knalpot memang saat ini saya cari belum menemukannya namun untuk proses penilangan saja memang saat ini sebagian polisi mengambil pasal modifikasi.

Pasal 285 ayat (1)

Setiap orang yang mengemudikan Sepeda Motor di Jalan yang tidak memenuhi persyaratan teknis dan laik jalan yang meliputi kaca spion, klakson, lampu utama, lampu rem, lampu penunjuk arah, alat pemantul cahaya, alat pengukur kecepatan, knalpot, dan kedalaman alur ban sebagaimana dimaksud dalam Pasal 106 ayat (3) juncto Pasal 48 ayat (2) dan ayat (3) dipidana dengan pidana kurungan paling lama 1 (satu) bulan atau denda paling banyak Rp250.000,00 (dua ratus lima puluh ribu rupiah).

Berikut videonya, via hp klik disini

Beberapa komentar netizen :

  • barlianilham Harley davidson gimana tu? Standar aja sudah menggelegar, malah dikawal. Nasib rakyat (berkantong) kecil ya gini
  • otongslingofer@ron.youtube Tangerang sering.. Bro ati2 gw sempet debat sma polisi..gw suruh keluarin alat ukur db…malah ngeles yg macem2 pake alasan beli knalpot asli Jepang lah apa lah…
  • aryasetiawaspada Yg dagang knalpot aja di tutup bisa tdk,kaya rokok pabriknya di tutup pasti tdk bisa juga,yg di salahkan pembeli
  • yepeyo Nilang boleh, suruh hancurin jangan.
  • bregulgaya Pabrik sama.tokonx knp g d razia,aneh ya….

10 KOMENTAR

  1. di Malang, di sekitar dieng ….ada mahasiswa dari kelompok2 tertentu suka bawa motor trondol, kadang tanpa plat nomer, knalpot brong ……. kelakuan semau sendiri, trkadang menjurus kriminal…. nj4nc*ki pokoknya …… (kayaknya ditempat lain jg sama dehh..)

    Aparat mesti bikin gebrakan melakukan razia di daerah seperti ini, jangan “terperdaya” dgn status “kawasan pendidikan” ….. klo mau idealis, buanyak sekali pelanggaran tata tertib ….. warga bnyak yg enggan ngurusin beginian, karena umumnya takut dg keberingasan mereka …..

    … sudah hilang respek sama kampus2 yg pelihara mahasiswa2 macam begini …. seolah cuma ngurusin okupansi mahasiswa saja, seolah gak mikir dampak sosial thd warga sekitar

  2. Undang² akan tingkat kebisingan suara knalpot disini ga ada cuy … Beda kan sama diluar yg punya aturan ambang batas suara knalpot, kelas 125cc berapa dB kelas 250-1000c berapa dB … Disini mah engga … Kek knalpot R15 punya Anggota Polisi Magelang bukan di tindak mlah di lolosin, pake uji polusi lagi wkwk ndagel ???

  3. Sa setuju rusak d tempat jgn toko ama pabriknya yg d razia mereka gak akan produksi ato jual jk pembeli tdak ada. knalpot bgtu cocok d sirkuit jk dpke d jln umum mengganggu pengendara yg lain kasihan orang lain sama2 byar pajak tiap thun untuk kendaraannya…otaknya sedeng orang pk knalpot bronk djln umum biasanya mereka tak menghargai pengguna jln yg lain ….

  4. @Juno : Setuju berantas ke akar nya!

    Tetapi masalah nya, undang2 yang ada tidak mendukung sampai ke situ, karena pelanggaran lalu lintar sifat nya ketangkap basah memakai knalpot tidak standard di jalan umum

    Mau Razia Bengkel/Bengkel ? Tinggal tunjukin kartu/tiket peserta event Racing.. atau ngeles knalpot pesanan team racing ini/itu juga bisa… lagian ga ada peraturan nya dilarang produksi knalpot brong..

    Belum lagi kalo razia tidak resmi bisa berkurang donk sasaran para oknum polisi untuk tarik titipan tilang wkwkwk

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini