R25 SUNDAY RACE (1)

Yamaha Sunday Race merupakan event balapan satu merk yang diselenggarakan oleh Yamaha terutama untuk para komunitas R-Series. Komunitas R-Series dimanjakan dengan berbagai fasilitas yang disediakan oleh yamaha agar bisa merasakan aura balap yang sesungguhnya dan tentunya ini untuk mengurangi angka balapan liar di jalanan, dengan ditampungnya para komunitas di event ini banyak manfaat yang didapatkan oleh para komunitas, selain mempererat silaturahmi antar komunitas dari berbagai daerah para rider ini juga menambah skill mereka terutama dengan Yamaha Riding Analyzer sehingga mereka bisa mengetahui gaya balapnya.

Jos nan wes… para komunitas bisa mengetahui gaya riding mereka dan tentunya ini menjadi pembelajaran buat mereka agar gaya riding mereka bisa ditingkatkan meski hanya menggunakan motor yang dibilang masih standar, lawong motor yang dipakai para komunitas ini masih standar hanya rubahan ringan saja terutama di kelas komunitas B yang mesinnya harus masih standar, kenapa yamaha membuat regulasi di kelas komunitas B mesin masih standar ? jelas karena ini event balapan komunitas yang terjangkau semua murah meriah. Untuk kelas komunitas B memang mesin masih standar beda dengan kelas komunitas A yang bisa upgrade mesin alias boleh bore up, kenapa bore up ? bore up merupakan cara hemat untuk dongkrak power, bayangkan saja jika upgrade dengan ECU yang harganya selangit agar bisa dongkrak power tanpa harus bore up.

”Saya tidak mau mmebuat regulasi di sunday race ini disamakan dengan regulasi seperti ARRC, jika membuat regulasi seperti itu maka ini bukan balapan murah lagi nanti tidak ada yang berminat, lebih baik membuat regulasi yang ringan memakai part2 merk lokal sekalian mempromosikan merk tersebut, bengkel yang menangani para rider juga ikut terkenal dan akhirnya pelanggan pada datang, yang untung siapa ? mereka juga kan, coba kalau memakai merk2 dari luar negeri dengan harga part mahal… yang untung orang luar negeri” ujar Pak Abidin selaku GM After Sales dan Motorsport PT.YIMM.

Emangnya seperti apa sich motor2 komunitas yang turun diajang Yamaha Sunday Race ini ? Tengok motor R15 tunggangan Yudi dari R15 Club Bogor yang turun di kelas Sport 150cc Komunitas B, motor ini selain regulasi wajib soal safety seperti penggantian selang rem, wajib ada under cowling serta oil cratch, hanya menggantikan busi dengan busi iridium yang hanya 100ribuan saja, Knalpot pakai WRX yang harganya sekitar 1,1 juta, ban belakang Axeto banderolnya sekitar 480ribu dan ban IRC cuma 450ribuan saja. Total biaya nggak sampai 3 juta sudah bisa turun balapan… opo ora sumringah tenan…

Nach ini giliran R25 tunggangan milik rider bernama tatang yang turun di sport 250cc Komunitas B lebih simple lagi karena cuma ganti :

  1. Busi iridium Rp.91.000
  2. Knalpot Daytona Rp.3.500.000
  3. Ban IRC Rp.1.200.000
  4. Under cowling Rp.700.000
  5. Nach ini untuk balapan sekelas R25 saja habis sekitar 5,5juta saja.

Yang lain masih standar ting-ting… Tertarik dengan balapan murah meriah ini ? segera daftar dech di seri keempat nanti. Tahun depan kemungkinan bisa libur panjang karena jika jadi sirkuit sentul sedang proses renofasi yang memakan waktu hingga 2017 nanti.

R25 SUNDAY RACE (1)

9 KOMENTAR

  1. ganti selang rem?
    maksudnya ganti dengan yg baru saja? utk memastikan gak ada problem dgn rem..

    mungkin perlu ada komunitas C, khusus yg speknya bnr2 gres ting ting dari pabrikan.. biar lebih muraaah.. modal bensin doank.. sip! 😀

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini