purwakarta larang siswa sekolah naik motor

Sebenarbya ini termasuk peraturan berlalu lintas namun demi mengefektifkan peraturan ini dan demi kebaikan para siswa maka bupati purwakarta mengeluarkan kebijakan bahwa siswa yang belum berumur 17 tahun tidak boleh mengendarai motor ke sekolah. Sebelumnya para orang tua yang anaknya membawa motor ke sekolah dipaksa untuk menandatangani tidak boleh menyediakan fasilitas motor kepada anaknya untuk pergi ke sekolah.

Jika melanggar maka sangsinya berupa ancaman sanksi berupa teguran hingga jika berkali-kali melanggar sanksinya adalah tidak naik kelas, dicabut tunjangan pendidikan Rp1,2 juta pertahun, hingga jaminan kesehatan yang nilainya mencapai Rp300 juta. Agar kebijakan tersebut berlangsung efektif, Bupati Dedi Mulyadi mengajak polisi melalui Babinkamtibmas untuk melakukan operasi hingga ke pelosok desa. Agar tidak ada lagi, siswa di bawah 17 tahun mengendarai motor.

Bupati Purwakarta Dedi Mulyadi menjelaskan bahwa sebenarnya peraturan sudah lama ada cuma tidak berjalan efektif, peraturan ini tentunya untuk mengurangi angka kecelakaan yang mengakibatkan anak2 di bawah umur. Sering kita lihat anak2 kecil bahkan masih duduk di bangku SD saja sudah pada mahir naik motor. Saatnya para orang tua lebih ketat dan selektif dalam memberikan fasilitas yang diberikan ke anak demi masa depan anak kita.

Di tunggu daerah lain…

31 KOMENTAR

  1. Tunjangan pendidikan rp.1,2jt/tahun dari mana,ya? Wong masuk SMP/SMA pun sudah ada pungutan gelap tanpa kwitansi yg jumlahnya pantastis(dari jutaan hingga puluhan juta).Terus kalo semua siswa naik angkot,dijamin 50% anak terlambat masuk sekolah.Masuk aja jam 6 pagi.Satu lagi;infra struktur terutama jalan,sangat tidak memadai.Pusat pemerintahan dan pusat ekonomi terkonsentrasi di kota yg nota bene jalan sangat sedikit.Perbaiki dan perbanyak infrastruktur,supaya perekonomian lancar.

    • ya engga 50 % juga keleeesss… jaman tahun 90an ya … anak2 kalo berangkat sekolah ya naek angkot, apa sepeda… pada telat ga? ga ada tuh nyampe 50%… tahun 80an malah ga itu angkot… pelajar harus jalan kaki puluhan km untuk sampe sekolah… jangan bilang jaman sudah beda ya… besok tahun 2030 apa mau kesekolah naek robot?… yang bener adalah mental dan didikan orang tua….. dah itu aja… sekarang ya kalo dapet didikan bener dari ortu, apa ada orang minta motor sambil ngrengek – ngrengek sambil mau bunuh diri apa kabur dari rumah padahal umur belum nyampe kalo dikasih… ya engga lah mas bro… malu lah…. saya aja dulu SMP dah bisa naek motor, SMA udah bisa naek mobil… tapi ga pernah dipraktekan dijalan… paling dilapangan kalo latihan karena apa? karena saya takut saya orang tua, SMA saya naek motor dan selalu pake helm full face karena apa? karena saya diajari sama ortu saya… so…. Bupati purwakarta benar… itu sebagai pendidikan anak2 yang saat ini terlalu kebablasan

      • jarang banget ane setuju sama orang dunia maya, tapi ane salut bro sama pemikiran ente, anak smp minta motor karena temennya ada yg ke sekolah pake motor, sama kaya jaman 90 a n dulu, ada anak bawa mainan ke sekolah, yg lain pada ikutan pengen punya mainan tsb, cuma sekarang, anak smp bukan minta mainan, tapi motor…

    • lebih baik memulai, drpada cuma ngomel2 doang kyk orang ini..

      tapi ane setuju, stidaknya harus ada bis skolah..
      sprti di Jepang, anak sekolah SANGAT dilarang bawa motor, semua jalan kaki/sepeda/bis sekolah

    • bodohnya orang ini ga bisa berhitung….
      lo masuk sekolah jam brapa?
      lo naek angkot kesekolah brapa jam?
      lo dari bangun tidur sampe lo siap berangkat sekolah brapa jam?

      jam masuk sekolah – jam perjalanan – persiapan berangkat = dijamin ga telat. bego

      otak kebo males mikir males kerja keras, gimana lo idup taun 80 -90 an, guoblok

    • Lah sy dl sekolah harus jalan dl smpai 1 kilometer,tp sy tidak pernah terlambat,karena klau sekolah masuk jam 6 berarti sy berngkat jam 5 pagi,
      Betul kata @redribbon army….skrg adalah mental dan didikan orang tua,skrg klau mentalnya cemen ya pasti mlas klau ndak ada motor kesekolah,…

  2. ngarep bupati bekasi bikin gebrakan kyk begitu jg. dah gerah nih sama kelakuan anak2 sekolah sekarang, dah pake knalpot blombongan pake di blayer lg. mana lewat jalan gang jg ngebut.
    anak sekolah gk bawa motor bukan jaminan bakal telat kok, yang penting bagaimana mengatur waktunya. tanya tuh orang yg sekolahnya tahun 2005 kebawah. jalan kaki, naik sepeda, naik umum jadi menu sehari2 dan sekolahnya gak suka telat tuh. dan biasanya sih anak2 yg berprestasi kebanyakan anak2 yg seperti itu, ya gimana nggak yg sekolah bawa motor lebih sering bolosnya kok.

  3. ide bagus ini
    kalo ini ane setuju
    kalo perlu polri juga gitu seindonesia

    kalo ada anak dibawah umur naik motor, motor di sita, anak dan orangtua dipanggil dikasih bimbingan
    tulis suratt perjanjian gak ngebolehin anak naek motor lagi

    • Saya dukung peraturan bupati purwakarta ini, semoga purwakarta menjadi lebih baik dan anak anaknya nya Cerdas bukan pintar kalau pintar mah tar pintar bolos dewasanya korup lagi. Thx
      Di saat yang lain sibuk sikut sikutan utk jabatan dan kekuasaan terselip pemimpin yang baik seperti beliau, beliau, beliau dan beliau ini semoga di mudahkan jalan nya utk kebaikan NKRI.

  4. Nahh yang begini nih kudu digalakken.. Mau alasan infrastruktur masih amburadul kek, macet kek, kesiangan kek.. kalo emang kesadaran tertanam ya pasti semua kan baik baik sahhjaaaa….
    Semua perubahan butuh proses tapi yang terpenting proses itu dimulai dulu kalo mau berubah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini