razia

Razia…! denger kata2nya saja sudah langsung bikin deg2an… iya toch… ngaku saja deh… pasti nggak punya SIM, STNK mati atau malah nggak pakai helm… bikin jantungan kalau tiba2 melihat gerombolan polisi di depan yang sedang melakukan kegiatan rutin alias razia. 

Nggak nyalain lampu depan sudah pasti sampeyan bakalan kena semprit dech… pengalaman beberapa hariyang lalu ketika riding di daerah jakarta alhamdulilah saya lolos tidak diberhentikan karena kondisi lampu depan nyala dan piranti utama dipakai yaitu helm, sesuai pengalaman saya pribadi baru satu kali dicegat oleh razia dan lolos lagi karena surat2 komplit dan safety gear dipakai, nach selanjutnya kalau ada razia saya lolos bahkan tidak diberhentikan sama sekali, intinya asal nyala lampu depan dan pakai perlengkapan jalan kemungkinan besar kita langsung disuruh jalan kecuali terlihat jelas tanpa helm atau lampu depan dimatikan.

Beda ketika sampeyan ada di daerah yogyakarta, operasi razia di jogja memakai sistem jaring yang sering disebut cegatan oleh warga jogja dan sekitarnya. Cegatan ini nggak bakalan ada motor yang bisa lolos karena semua motor dicek satu-persatu tanpa peduli perlengkapan komplit.

Lihat teknik razia di daerah lain :

Nach sekarang lihat perbedaannya ketika melihat razia di jogja :

razia

Satu lagi razia dijalan raya besar :

Nach kelihatan banget kan perbedaannya, semua motor yang lewat dicegat untuk pemeriksaan surat2 dan kelengkapan safety riding tentunya. Andai saja razia seperti ini dilakukan juga di daerah lain… bisa semakin tertib para pemakai jalan.

38 KOMENTAR

  1. Waktu itu pernah lewat daerah majalengka, kebetulan ada razia, motor2 disuruh masuk polsek yg kbtulan afa di pinggir jalan. jadi jalan nya muter via halaman polsek. Tp pas ane masuk malah gada yg priksa, jd ane cabut aja haha

    • pernah ada polisi nawarin ditilang ato bayar ditempat (titip) krn spion cm atu.
      Kl tilang katanya abis 40rb (sidang), tp kl titip cukup 35rb (dipotong uang sidang).
      Aku jd tertawa ngakak, logikanya kl titip kan wajib nambahin duit (biaya titip), ini koq malah dipotong. Akhirnya polisinya rada jengkel dan aku ditinggal beberapa saat.
      Stlh dia datang lg kusepakati bayar 35rb dan kudoakan yg jelek2 bg yg menerima, akhirnya dia gak mau trima uangnya dan langsung diberi surat tilang.
      Sayang gak ku pideo krn hp low bat.

  2. kl ai di ringroad malah jarang ktemu operasi om, justru didalam kota yg sering, spt dijalan gejayan sbelah selatan sadar, khusus motor disuruh belok kiri masuk area lega, disitu dilakukan pemeriksaan.
    Di jalan ke solo dekat candi prambanan jg sering. Lalu di daerah pingit.
    Kalo yg hampir tiap hari di muntilan (arah jogja) ditikungan stlh tugu bambu runcing (biasanya pagi -siang). Rada jarang di bb square blabak magelang (siang -sore), lalu dikota magelang titiknya di jalan soekarno-hatta (menuju terminal) samping artos dan sbelah timur terminal. Alun2 magelang, jalan ikhlas, bagian utara di daerah rsj magelang.
    Temanggung didekat koramil, parakan wonosobo stlh kledung dan dekat terminal.
    Boyolali stlh pasar cepogo (dr boyolali).
    Hampir smuanya dg cara jaring spt itu.
    Kl daerah lain yg kutemui cm operasi biasa shg banyak yg bs meloloskan diri.
    Kl daerah secang – semarang jarang bgt ktemu operasi, tp kl dikit aja melanggar marka biasanya dikejar.

  3. yoi bro, itulah enaknya hidup dijogja.
    Polisinya jg sopan, jd kl melanggar malah jd kagak enak, malu diliat orang saat diperingatkan.
    gak spt daerah skitar jogja yg pada pasang tampang seram kala operasi, tuh dr jembatan krasak – semarang hampir smua pasang muka seram.

  4. Di Jakarta mah repot malah bikin macet parah dan panjang….nanti di sumpahin orang lain yg lewat…..lagian sekarang mah di Jakarta yg banyak gak bawa SIM itu mobil bukan motor 😀

  5. Ane pernah ngalamin operasi tilang kek gitu dr arah solo ke arah kota, ane was-was pke ban dpn 60/70 (klo gak salah) blkg (70/90) alhamdulillah ane lolos hehehe

    parahnya lagi, tilang di ringroad polisinya ngumpet di gang

  6. parahnya jogja tu para abdi dalem cuma pake blangkon tanpa helm gak mungkin ditilang, polisinya takut. pdhl sering mreka ngebut tanpa perhatiin keamanan diri n org laen
    blangkonnya udah lolos standar SNI atau DOT kali yah

  7. sering juga dapat jaring waktu di jogja dl, tapi ngak ketat amat kayak d luar daerah. Ada Sim, STNK, lolos. biar plat luar daerah. dulu sering pake plat makassar yang mati pajak tahunan disana aman2 aja dari jaring.

  8. jadi inget ….. razia di ringroad… byuhhh . macet e pollll … abis itu ditanyain … mau bayar disini atau sidang byuh ,.. makin keliatan busuknya .. 😀 . pengalaman pribadi .dan pengalaman ini pas mau nge dyno motor .. apes 😀 . oh iya kan ring road ada jalan motor dan mobil yak … nah motor yang masuk jalan mobil ini lolos .. ntah di kejar atau nggak …

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini