ARIPITSTOP.COM – Apes buat Marc Marquez yang terlihat susah payah mempertahankan posisinya ketika berebut posisi ketiga dan berhasil finish keempat tapi harus dianulir akibat penalty yang dia dapatkan. Marc Marquez, dijatuhi hukuman 16 detik usai balapan MotoGP Belanda di Sirkuit Assen pada Minggu (30/6/2024). Hukuman ini dijatuhkan oleh FIM Stewards usai Marquez berkendara dengan tekanan ban yang lebih rendah dari parameter yang disarankan.

The Baby Alien terbukti bersalah karena tekanan ban di motornya di bawah ketentuan yang disarankan oleh penyedia karet hitam tersebut yakni Michelin. Marquez tak bisa mengelak dan memilih menerima hukuman.

Sebetulnya, ia sudah sadar melaju dengan tekanan ban yang lebih rendah akan berbahaya. Itu mengapa Marquez sempat membuka jalan bagi Fabio Di Giannantonio untuk menyalipnya di lap 8 untuk posisi tiga.

Lap 19, Marquez kembali menyalip Giannantonio untuk naik ke posisi ketiga, tetapi kedua rider ini tersalip sekaligus oleh Vinales, sehingga Marquez kembali turun ke posisi keempat, sebelum tersalip oleh Enea Bastianini dan melorot ke posisi kelima.

Pada Lap 26 alias lap terakhir, Vinales melakukan kesalahan dan melebar, sehingga tersalip lagi oleh Marquez yang kemudian naik ke posisi keempat. Namun, dua jam setelah finis, sang delapan kali juara dunia mendapat kesialan.

“Sayangnya, bahkan dengan sedikit saja (selisih), kami berada di luar batas ketentuan tekanan ban dan karena itu menerima penalti (yang dijatuhkan),” terang Marquez, mengutip dari Crash, Senin (1/7/2024).

“Sungguh disayangkan kami meninggalkan tempat ini dengan poin yang lebih sedikit. Sentuhan dengan Bastianini tentu saja berperan besar tetapi kami tidak mau mencari alasan,” imbuh pria berusia 31 tahun itu.

Marquez dijatuhi hukuman mundur 16 detik oleh FIM Stewards akibat balapan dengan tekanan ban yang lebih rendah dari parameter yang disarankan Michelin. Dengan begitu, Marquez dinyatakan finis di posisi 10.

“Pada 30 Juni 2024 dalam balapan MotoGP MOTUL TT Assen, Anda kedapatan berkendara dengan tekanan ban yang lebih rendah dari parameter yang disarankan oleh suplier resmi. Ini melanggar Pasal 2.4.4.9 Regulasi FIM Grand Prix World Championship,” tulis FIM Stewards.

“Atas alasan di atas, FIM MotoGP Stewards Panel menjatuhkan penalti 16 detik untuk ditambahkan kepada hasil balap Anda dalam MotoGP MOTUL TT Assen sesuai dengan Pasal 3.2.1 Regulasi FIM Grand Prix World Championship – Kode Disipliner dan Abritrasi. (sesuai dengan Pasal 3.2.1 dan 3.3.2.3),” pungkas mereka.

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini