ARIPITSTOP.COM – Kali ini konsumen Zona Speed ada yang mengeluhkan kondisinya motornya bau bensin dan baru mengisi bensin kok cepat habis. Ternyata masalahnya sangat sepele sekali, tapi justru tidak terpikirkan oleh kita karena sering diabaikan.

Pada tutup tangki, biasanya terdapat sebuah karet bulat. Karet tersebut berfungsi untuk merapatkan agar bensin tidak keluar atau merembes ke luar tangki. Jika tidak ada seal karet, maka saat motor mengalami guncangan di jalan bensin akan rembes hingga ke bagian luar tangki.

Inilah kenapa motor akan terasa bau bensin, karena bensin merembes keluar tangki akibat dari karet tutup tangki sudah putus. Karet tutup tangki yang kondisinya retak saja sudah bikin bensin bocor keluar, apalagi sampai sudah putus.

Bensin yang sudah sampai merembes keluar tentunya bisa berbahaya, karena bisa rawan kebakaran.

Karet tutup tangki yang sudah robek tentunya selain membuat bensin mudah tumpah keluar, air juga akan lebih mudah masuk ke dalam tangki terutama saat motor dicuci, terlebih dicuci pakai steam atau tekanan air yang tinggi.

Dan awas jangan sampai beli karet tutup tangki yang KW, karena malah bisa menambah masalah.

Karena pakai karet tutup tangki yang KW maka tutup tangki tidak bisa menutup rapat masih ada celah untuk air bisa masuk ke tangki , tanpa disadari air menumpuk di tangki dan timbul karat hingga parahnya lagi yang dipakai adalah motor injeksi yang fuel pumpnya sensitif terhadap kotoran. Nich lihat perbedaannya antara yang asli dengan yang KW,

tutup tangki (4)

Karena motornya injeksi ya pasti injektor jadi kotor apalagi tangki sampai sudah karatan , alhasil motor harus service injeksi dan kuras tangki bersihkan fuel pump dan ganti filter fuel pumpnya.

Jadi jangan abaikan hanya sekedar karet tutup tangki, karena fungsinya sangat penting.

Inilah salah satu contoh yang sering kita sepelekan namun efeknya justru membahayakan.

2 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini