ARIPITSTOP.COM – Kali ini saya akan sharing mengenai motor matic yang baru dibeli dan sudah berjalan sejauh 5rb km, motor matic yang baru keluar dari dealer ketika sudah berjalan atau dipakai memang tetap harus ada perawatan, bukanmentang-mentang motor baru terus bebas perawatan gitu… coba lihat salah satu contohnya ini, CVT sudah kotor.

Jadi ketika kita beli motor baru, pasti akan mendapatkan pelayanan servis gratis, dapat oli mesin gratis yang biasanya dilakukan servis gratis pertama pada umur motor satu bulan setelah kita terima dari dealer atau motor sudah berjalan selama 1.000 km (mana yang dicapai lebih dahulu). Pada servis gratis pertama selain servis gratis biasanya dapat oli mesin gratis juga.

Namun pada servis gratis kedua, ketiga dan keempat biasanya oli mesin sudah beli sendiri, nach… pada ketentuan servis gratis tersebut sayangnya ada beberapa item pekerjaan yang biasanya tidak termasuk dalam pekerjaan servis gratis, seperti seris CVT, jadi kalau kita mau servis CVT ada biaya tambahan lagi.

Meskipun sebenarnya, saya disini sebagai penulis hanya menyarankan bukan mewajibkan, menyarankan bahwa di KM 5rb pertama kali beli motor sebaiknya CVT dibongkar dibersihkan. Kenapa?, karena motor baru, tentu part2 baru itu masih mengandung gram2 yang lepas dari part2 akibat gesekan, seperti gesekan V Belt dengan pully depan dan belakang, Roller yang bergesekan dengan pully depan, belum lagi debu2 yang masuk ke ruang CVT.

Kalau kotor ini kita biarkan, nanti bisa timbul masalah terutama gredeg. Debu yang menempel pada permukaan kampas kopling akan menyebabkan cengkraman kampas kopling terhadap mangkok kopling menjadi melemah sehingga akan menimbulkan gesekan yang tidak merata, hal ini bisa dirasakan oleh biker dengan munculnya getaran dari CVT terutama pada saat akselerasi. hal inilah yang sering diberikan istilah “gredeg”” atau suara CVT kasar saat akselerasi.

Berikut salah satu penampakan contoh motor matic yang umurnya baru 5rb km, ini berlaku untuk semua tipe motor matic merk apapun. Lihat kondisi CVTnya:

Kotorannya tebal banget…

5 KOMENTAR

  1. karna V belt dan Pully blum 100% napak rata, alhasil vbelt tergerus dan debu rontokan jdi banyak.

  2. Pak saran mbok mbahas cara kerja shockbreaker teleskopik plus kelemahan/keuntungan di modif dengan menambahkan suling..matur suwun

  3. kang bahas soal relay dong, apakah penyakit kebanyakan relay cepat aus jika idling stop system sering digunakan? terutama relay kaki 5 di pcx atau adv. soalnya adv saya mgg kemarin tiba2 susah starter, tombol harus ditahan 10 detik baru tiba2 mesin hidup. saya pikir awalnya aki yang mulai soak karena motor udah berumur 2 tahun. tapi setelah disimpen 24jam aki masih punya tegangan 12.8v artinya kan masih 100% good.

    cari video di yucup beberapa kejadian electric gagal akibat relay kaki 5 rusak, bahkan hingga sikring 25a ikut putus. Sampe akhirnya beli online relay kaki5 buat cadangan kalau apes dijalan rusak. Secara keadaan sekarang kebanyakan motor matic ga ada engkol starter lagi, jadi kalau komponen kelistrikan gagal yang motor ga bisa idup kang..

    nah akhirnya belakangan ISS udah ga pernah saya pake, proses eletric start jadi lancar lagi ga ada kendala udah 4 hari terakhir.

    demikian kang semoga ada pencerahan dari kakang Ari:D

    • sebetulnya bukan sekarang nggak ada. nyatanya matic entry macem beat, mio, nex saat ini masih dipakaikan engkol semua. Jadi apa bedanya sama matic mid lvl? entahlah sepertinya jadi kesepakatan bersama pabrikan. yg jelas konsumen yg dirugikan

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here