ARIPITSTOP.COM – Tidak sedikit pemilik motor matic terutama matic dari Yamaha seperti Nmax, Aerox dan Lexi 125 yang mengeluhkan drat kruk asnya mudah selek atau dol, solusi paling bagus memang ganti baru kruk asnya, namun motor harus turun mesin dan butuh biaya yang tidak sedikit bahkan bisa mencapai Rp 1,5 juta. Namun kini ada solusi tanpa turun mesin dengan membuat drat baru dengan ukuran seperti bawaan motor dan tentunya biayanya jauh lebih murah.

Di bengkel Zona Speed yang berlokasi di jalan raya hankam, dekat pintu tol jati warna Bekasi, kini sudah bisa membuat drat kruk as tanpa harus turun mesin. Solusi ini adalah drat kruk as dilas dulu, istilahnya untuk tambah daging, kemudian setelah mencapai ukuran yang ditentukan, kruk as tersebut didrat ulang sesuai ukuran standar bawaan motor. Biaya yang dikeluarkan untuk tambah daging drat ulang tanpa turun mesin sebesar Rp 280.000.

Begini alur pembuatan drat baru di kruk as motor:

1.Ini adalah penampakan drat yang sudah rusak.selek atau dol.

2.Drat yang rusak tersebut kita ratakan dengan digerinda sampai dratnya habis.

3.Tambah daging dengan cara dilas pada bagian yang akan dibuat drat baru.

4.Setelah selesai dilas, begini penampakannya.

5.Kemudian, bagian yang dilas tadi akan diratakan menggunakan gerinda, akan dirapikan sampai halus rata dan rapi dan tentunya dengan ukuran diameter yang sudah ditentukan.

6.Begini penampakan ketika sudah digerinda.

7.Kemudian pembuatan drat baru dengan cara diSnei.

8.Begini penampakan setelah sudah selesai disnei, drat baru sudah terlihat.

9.Merapikan drat baru dan permukaan poros kruk as.

10.Ganti seal kruk as dengan yang baru, karena sebelumnya sudah terkena panas dari efek pengelasan, takutnya membuat bocor.

11.Ini hasil finishingnya, drat baru sudah selesai.

12.Proses pengencangan Mur harus memakai kunci Torsi agar tidak selek lagi.

6 KOMENTAR

  1. wow solusi yg efisien sekali kang! btw nanya dong kalau misal saat pengencangan mur pulley depan ini perlu menggunakan loctite kah kang? atau hanya mengencangkan sesuai torsi. soalnya setelah saya pake loctit alur dratnya jadi rada seret karena untuk cvt kan memang sering lepas pasang buat bersih2. nuhun ?

  2. aerox kena jg ternyata. kt montir Juki penyakit nex karbu di drat kruk as . Tapi Nex karbu gw baru slek taun kmaren (+-setelah 10 taunan). ini emang penyakit bawaan material ? apa tergantung cara makenya Kang? 😀

  3. assalamu’alaikum mas Ari bisa bagi nomor WA krn pengen bawa motor aerox sy mau servis (drat as kruk selek) sy angkut pakai picup

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here