ARIPITSTOP.COM – Seperti yang sudah kita ketahui bahwa Suzuki mundur dari MotoGP akibat kondisi ekonomi internal meski disaat prestasi mereka di MotoGP masih dalam kondisi yang bagus. Kini ada rumor yang berhembus jika Yamaha juga akan hengkang dari MotoGP namun dengan alasan yang berbeda.

Quartararo berhasil meraih gelar juara dunia bersama Yamaha di tahun 2021, namun di tahun berikutnya seperti drama yang menakutkan, prestasinya terus menurun bahkan anjlok, Morbidelli bahkan sulit untuk finish di sepuluh besar. Kehilangan tim satelit.

Belakangan ini, Yamaha pun dikabarkan sedang mempertimbangkan opsi untuk hengkang dari MotoGP meski sudah berpartisipasi di ajang Grand Prix selama lebih dari 60 tahun.  Managing Director Yamaha Motor Racing, Lin Jarvis, membantah gosip yang menyatakan Yamaha akan mengikuti jejak Suzuki hengkang dari MotoGP dalam waktu dekat.

“Tak pelak lagi Yamaha dan Honda kesulitan di MotoGP saat ini. Ada 16 motor pabrikan Eropa yang berpartisipasi, tapi hanya enam yang dari Jepang. Honda dan Yamaha sulit melawan para rival dari Eropa jika dilihat dari performanya. Jadi, bisa dimaklumi keraguan macam itu diperbincangkan,” ujar Jarvis via Speedweek.

Jarvis terus meyakinkan jika Yamaha sama sekali tak ada niatan untuk pergi dari MotoGP. Dukungan dari internal terus mengalir, Ia bahkan senang mendapatkan dukungan besar dari Presiden Yamaha Motor Japan, Yoshihiro Hidaka, dan COO Yamaha Motor Europe, Eric de Seynes.

“Mereka menjadi tamu kami di Jerez, dan keduanya memiliki posisi-posisi penting, serta mendukung dunia balap dengan energi tinggi. Mereka juga tahu apa yang telah dibawa dunia balap kepada Yamaha pada masa lalu, dan itu akan tetap jadi tambahan untuk citra kami pada masa depan,” ungkap Jarvis.

“Saya tak lihat tanda-tanda mundurnya Yamaha dari Grand Prix. Saya tak percaya gosip itu. Namun, pada saat yang sama, Anda harus realistis. Jika Anda lihat Suzuki setahun lalu, mereka juga tak mengira bahwa itu [mundur] akan terjadi. Meski begitu, secara pribadi, saya tak punya keraguan. Semoga tetap begitu,” tutupnya.

3 KOMENTAR

  1. semenjak gara2 ecu sama rata satu merk motogp kurang enak di tonton, karena motogp adalah kuda besi prototype tapi di batasi aneh saja yang namanya prototype itu tanpa batas kreasi merk itu sendiri mulai dari hal kecil sampai besar, cuma gara2 embel2 safety buat rider lah… bukannya memang itu sudah resiko yang harus di tanggung pembalap dan memang harus punya mental segala hal resiko tsb dan pakai alasan supaya motogp lebih murah tai lah.

    • ecu itu mengikuti keinginan ducati krn ga bs ngimbangi pabrikan Jepang.. skrg ducati sdh jurdun,hrsnya setiap pabrikan dibebaskan lg pk ecu inhouse…drpd nnti pabrikan Jepang pd mundur semua….krn yg bikin ecu magneti mareli,jls yg diuntungkan ducati

      • di tambah lagi sekarang MotoGP sudah gak bisa di tonton secara online gratis streaming di T7 pun gak bisa aneh, motogp penuh dengan politik sekarang tai lah.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini