ARIPITSTOP.COM – Jangan ngiri dengan penampilan yang selalu diupdate di negeri seberang, yap… kali ini Yamaha Malaysia merilis penampilan terbaru dari Y16ZR versi 2023 dengan tema DOXOU, kalau di Indonesia ini adalah generasi penerusnya MX King yang sampai saat ini belum juga mendapatkan update desain facelift seperti yang ada di Malaysia. Yamaha Y16ZR adalah facelift dari Yamaha MX-King atau yang di Malaysia punya nama berbeda yakni Yamaha Y15ZR. Jadi MX King di Malaysia kini sudah memakai mesin All New R15 VVA.

Yamaha Y16ZR VVA dibekali mesin SOHC, 4 klep, dengan pendingin cairan, berkapasitas 155 cc yang memiliki diameter dan langkah piston 58,0 mm × 58,7 mm. Dengan penambahan teknologi VVA (Variable Valve Actuation), mesin ini bisa menghasilkan tenaga maksimum 17,7 dk @9.500rpm dan torsi puncak 14,4 Nm @8.000 rpm.

Mesin ini dipadukan dengan perpindahan gigi 6 speed dan ditambah fitur Assist & Slipper Clutch. Assist merupakan teknologi yang bisa meringankan pengoperasian tuas kopling, sementara Slipper Clutch bertugas mencegah roda belakang mengunci saat dilakukan shift down (penurunan gigi) secara ekstrem.

Edisi special untuk Yamaha Y16ZR Doxou edition ini dibuat agak beda, karena hanya diproduksi 5000 unit saja. Ada sedikit ebdanya terutama di bagian spakbor belakang yang sudah terpasang spakbor versi aksesoris. Yamaha Malaysia menjual Y16ZR Doxou edition ini dengan harga RM. 11,818 Ringgit atau jika dikonversikan kedalam rupiah sekitar Rp. 39jutaan.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini