ARIPITSTOP.COM – Dinyatakan fit oleh tim dokter, HRC mengumumkan bahwa Marc Marquez resmi kembali balapan mulai di GP Prancis pasca cidera yang dideritanya. Hal ini sejalan dengan hukuman double long lap penalty yang seharusnya dia jalani akhirnya dihapuskan oleh pihak FIM.

Menurut regulasi awal FIM, hukuman yang harus dijalani seorang rider pada seri berikutnya otomatis sirna jika rider terkait absen dari seri tersebut. Alhasil, meski absen dari Seri Argentina, Marquez tak wajib melakoni dua long lap penalty dalam seri yang ia ikuti usai pulih.

Meski begitu, pada 28 Maret 2023, FIM Stewards menggemparkan dengan mengubah aturan itu sendiri. Mereka menyebut Marquez harus tetap menjalani hukuman dalam seri yang ia ikuti usai pulih. Ini lagi-lagi menekankan fakta bahwa FIM tak konsisten menjalankan aturannya sendiri.

HRC tak terima dengan keputusan tersebut dan akhirnya mengajukan banding, hingga akhirnya HRC resmi memenangkan banding di Pengadilan Banding MotoGP.

Pengumuman Resmi Pengadilan Banding MotoGP

“Menyusul keputusan Pengadilan Banding MotoGP pada 12 April 2023 yang meminta penundaan eksekusi penerapan sanksi kepada Marc Marquez, Pengadilan masih harus memutuskan kelayakan kasus dengan mempertimbangkan banding yang diajukan Marc Marquez dan Team HRC-Repsol Honda Team pada 17 April 2023.

“Pengadilan pun memutuskan untuk membatalkan penerapan sanksi kepada Marc Marquez, yang dijatuhkan FIM MotoGP Stewards Panel sehubungan dengan sanksi awal.

“Pengadilan mempertimbangkan bahwa dua long lap penalty yang dijatuhkan FIM MotoGP Stewards Panel dalam balapan MotoGP Portugal pada 26 Maret 2023 telah dijalani dengan tidak berpartisipasinya sang rider dalam balapan MotoGP Argentina.

“Marc Marquez pun diizinkan berkompetisi dalam balapan berikutnya yang bisa ia ikuti, tanpa sanksi lebih jauh.”

HRC juga telah resmi mengumumkan Marc Marquez sudah benar-benar pulih dari cidera retak tulang ibu jari tangan kanan. Dengan begitu, ia diizinkan kembali balapan dalam MotoGP Prancis di Sirkuit Le Mans, 12-14 Mei 2023.

Pernyataan resmi Marc Marquez

“Saya sangat senang bisa kembali bersama Repsol Honda dan mengendarai motor saya lagi. Pertama, saya ingin berterima kasih kepada tim medis saya atas tindakan profesional dan saran mereka selama beberapa pekan terakhir.

“Tentu saja, sebagai pembalap, Anda selalu ingin kembali sesegera mungkin. Namun, dengan cedera ini, sangatlah penting untuk membiarkan sembuh. Kini saya berada di sini dan benar-benar fokus untuk berkendara.

“Saya tak punya rasa cemas soal cedera itu karena sudah benar-benar pulih. Kita lihat nanti apa yang bisa disajikan GP Prancis dan yang paling penting, bekerja semaksimal mungkin.”

3 KOMENTAR

  1. Hukuman itu bukan krn dia ikut balapan atau tdk, tp agar jera dan mau merubah gaya balap yg sering membahayakan org lain.
    Krn tiap kalo dia balapan dan merugikan org mauoun team lain, dia beralasan ban kurang dingin, ban terkunci dll. Pdhl itu krn cara dia mengendalikan motor. Harusnya ttp ada hukumannya.
    Jd agak males nonton motogp deh, klo mm93 yg salah, sperti kendor ketegasannya

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini