ARIPITSTOP.COM – PT Astra Honda Motor kembali mengadakan Mudik-Balik Bareng Honda yang sempat terhenti selama 3 tahun karena pandemi. Tahun 2023 ini ada dua tujuan kota pemudik yaitu di Jakarta-Semarang dan Jakarta-Yogyakarta, Total sebanyak 2.009 orang pemudik telah diberangkatkan dalam rangka Mudik dan Balik Lebaran 2023 ini, namun dalam event mudik bersama Honda ini ternyata tidak gratis karena konsumen harus membayar biaya sebesar Rp 150.000, dengan uang segitu, kita mendapatkan fasilitas apa saja dari pihak Honda?.

Sebenarnya artikel ini bisa terbit karena saya sendiri ikut langsung program Mudik-Balik Bareng Honda 2023, jika biasanya saya hanya meliput kegiatan ini, nah sekarang ini adalah tahun kedua saya ikut mudik bareng Honda. Tahun kemarin saya ikut mudik membawa motor PCX 150, jadi pengalaman ikut mudik bareng Honda coba saya ceritakan alurnya dari pendaftaran hingga sampai kota tujuan. Mungkin bisa jadi referensi buat yang mau ikut mudik bareng Honda tahun depan.

Yap, kenapa Mudik-Balik Bareng Honda (MBBH) itu tidak gratis melainkan harus membayar Rp 150,000?, informasi yang saya terima bahwa sebenarnya awal pertama kali Mudik-balik Bareng Honda dilaksanakan memang benar-benar gratis alias tidak ada biaya pendaftaran sepersenpun. Akan tetapi akibat gratis ini ada kekurangannya, yaitu para calon pemudik banyak yang membatalkan kepergiannya mudik bareng Honda, alhasil ada kursi kosong yang sangat disayangkan karena bisa digunakan oleh Pemudik yang lain yang lebih membutuhkan. Oleh karena itu, pada MBBH selanjutnya dikenakan biaya pendaftaran dengan tujuan hanya sebagai komitmen fee agar pemudik yang mendaftar tidak membatalkan keberangkatannya dengan seenaknya sendiri.

Lalu dengan biaya pendaftaran Rp 150.000, para pemudik dapat apa saja dari pihak Honda?, dan berikut alur yang dilakukan para pemudik ketika mengikuti Mudik-Balik Bareng Honda 2023.

PT AHM melaksanakan pendaftaran para pemudik dengan tujuan kota Semarang dan Yogyakarta pada periode 15 Maret 2023 – 15 April 2023 melalui aplikasi ataupun datang langsung ke dealer Honda yang ditunjuk di wilayah DKI Jakarta. Pemudik langsung membayar biaya Rp 150.000 pada saat melakukan pendafaran dan verifikasi pemberangkatan.

Para calon pemudik yang ingin mengikuti program MBBH dapat mendaftarkan dirinya dengan melampirkan Kartu Tanda Penduduk (KTP) Indonesia, Surat Izin Mengemudi (SIM) C dan Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) motor Honda saat pendaftaran. Pemudik yang mengikuti program arus balik wajib menyertakan KTP Jabodetabek.

Setiap pendaftar program MBBH berhak mendapatkan dua kursi bus beserta pengangkutan 1 unit sepeda motor pemudik. Ingat ya… selama perjalanan sudah didaftarkan asuransi.

Langkah kedua, para pemudik menyerahkan motor ke PT AHM untuk dikirimkan ke kota tujuan MBBH 2023. 

Pada hari Senin 17 April 2023 atau H-2 para pemudik diberangkatkan, para pemudik wajib menyerahkan motor yang akan diangkut dan diberangkat duluan ke dua kota tujuan yaitu Semarang dan Yogyakarta.

Biasanya para pemudik sudah membawa motornya sudah sejak sehabis sahur atau subuh hingga jam 8 pagi ke pelataran parkir Bhanda Ghara Reksa (BGR), Kelapa Gading, Jakarta Utara, sebagai tempat untuk mengangkut motor para pemudik.

Proses pengiriman motor ini menggunakan sebanyak 15 truk ekspedisi yang prosesnya diawali dengan para peserta wajib membawa motor dan kelengkapan riding seperti Helm diserahkan ke petugas MBBH. Para peserta mudik melakukan registrasi kemudian motor diceklist untuk mengecek kondisi luar motor, lalu motor dilakukan pengosongan bensin dan pelepasan spion sebagai syarat safety saat porses pengiriman motor diatas truk ekspedisi.

Salutnya, motor para pemudik diangkut layaknya motor baru yang dikirimkan dari pabrik ke jaringan dealer-dealer.

Keberangkatan para Pemudik

Rabu 19 April 2023 bertempat di pabrik Honda di Sunter. Tahun ini, lebih dari 30 armada bus disiapkan secara spesial untuk mengantarkan 1.409 pemudik dengan rute Jakarta – Yogyakarta dan Jakarta – Semarang.

Para peserta sudah berbondong-bondong datang ke Kantor pusat sekaligus pabrik di PT Astra Honda Motor yang berlokasi di Sunter, Jakarta Utara. Mereka terlihat sangat antusias dengan datang lebih awal, bahkan jam 8 malam Rabu 18 April 2023, para peserta sudah mulai registrasi dan menunggu keberangkatan bus, yang padahal bus akan diberangkatkan pada pukul 06.00 WIB pada 19 April 2023. Semangat yang luar biasa untuk segera bisa melepas rindu dengan para sanak keluarga di kampung halaman untuk merayakan lebaran bersama.

Para peserta datang lebih awal, tentunya sudah disediakan lokasi yang memadai oleh PT AHM, berbagai fasilitas diberikan seperti ruang tunggu, makan sahur, tempat sholat tarawih dan lainnya.

Sesampainya di lokasi pemberangkatan, para pemudik melakukan registrasi ulang, pada saat registrasi ulang, para pemudik akan mendapatkan banyak sekali kupon. Tengok foto dibawah ini, saya mendapatkan kupon makan sahur dan snack serta goodie bag. Jadi sebelum bus berangkat, para pemudik tetap dilayani dengan diberikan makan sahur dan snack, makan sahurnya mantap juga ini dapat dua paket ayam KFC, lalu dapat juga dua paket roti Sari Roti, makanan yang tentunya bukan kaleng-kaleng ya…

Ada juga kupon makan saat di perjalanan karena akan istirahat di restoran yang sudah disediakan, sebagai musafir saat perjalanan mudik, ada dari saudara kita yang tidak berpuasa, maka disediakan makan siang untuk perjalanan nanti.

Mau tahu isi goodie bagnya?, alhamdulilah dapat banyak banget… ada Jaket yang keren, dapat sajadah, keperluan obat-obatan kemudian dapat juga botol minuman.

Sambil menunggu jam keberangkatan, saya melihat deretan bus yang dipakai untuk memberangkatkan 1.409 pemudik dari Jakarta ke Semarang dan ke Yogyakarta, total ada 30 bus. Busnya juga bukan sembarang bus lo… pakai armada Blue Start tentunya pakai AC.

Setelah sholat subuh, para peserta langsung naik ke bus masing2 sesuai nomor bus dan sesuai nomor kursi masing2, jadi tidak pada berebutan saat naik bus karena semua harus naik sesuai nomor bus dan nomor kursi.

Lanjut jam 6.00 WIB para pemudik start berangkat. Yang namanya mudik, soal macet di jalan raya sudah hal biasa, bahkan kalau nggak kena macet di perjalanan mudik, maka bukan mudik namanya.

Sekitar jam 12 siang, para rombongan sampai di tempat istirahat, salutnya… PT AHM mem-booking sebuah restoran khusus istirhat bus di daerah Subang, namanya Rosin, infonya sih restoran ini biasanya digunakan untuk tempat istirahat para penumpang Rosalia Indah. Tempatnya luas dan nyaman, para pemudik tidak perlu lagi uyel-uyelan desak-desakan di rest area umum yang ada di jalan tol.

Disini, tempatnya luas banget, dan alhamdulilah pada hari itu khusus digunakan untuk para pemudik dari Honda.

Lanjut para pemudik menyerahkan kupon makan perjalanan dan diberikan dua paket nasi untuk setiap satu tiket pemudik.

Sekitar jam 1 Siang, bus melanjutkan perjalanan, oiya… selama perjalanan bus yang saya saya naiki sempat berhenti sekitar 4 kali karena ada beberapa penumpang terutama anak kecil yang sudah kebelet mau pipis, hehehhee…

Tiba di Semarang

Alhamduliah rombongan bus saya mendarat dengan selamat di Semarang, tempat finishnya ada di Museum Rangga Warsito. Disini para pemudik sudah ditunggu oleh motor2 mereka yang sudah terjejer rapi di parkiran.

Namun tentunya, para pemudik tidak langsung pulang ke rumah masing-masing karena di tempat finish ini para pemudik sudah disiapkan tempat istirahat yang nyaman untuk mengumpulkan tenaga sebelum melanjutkan perjalanan menggunakan motor masing-masing.

Di semarang, para pemudik kembali dimanjakan oleh pihak Honda, sudah tersedia tempat istirahat yang luas, dan asiknya disediakan makanan gratis pula, bisa pilih terserah mau ambil yang mana. Pemudik tinggal mengambil makanan memakai kupon yang sebelumnya sudah dikasih di Jakarta. Makanan yang disediakan buanyak loch, ada soto, nasi ayam, sate, siomay, bakso dll.

Bukan cuma itu saja, sambil beristirahat, para pemudik dimanjakan dengan hiburan panggung musik, dan ada lagi… masih ada doorprize yang paling ditunggu2 yaitu berupa barang elektronik dan 1 unit motor Honda Genio. tuch… cuma bayar Rp 150.000 tapi bonusnya buanyak banget…

Ni pemudik yang turun di semarang yang beruntung mendapatkan doorprize.:

Nach inilah sekelibat cerita saya ketika ikut mudik bareng Honda di tahun 2023 ini.

Semoga bisa jadi referensi kalian yang mau ikut mudik tahun depan…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini