ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor Honda Beat dalam kondisi mogok, didorong konsumennya ke bengkel, motor ini mati mendadak saat dibawa riding. Dan ketika mogok, lampu indikator injeksinya selalu berkedip, dengan kode MIL 21, lalu apa masalahnya?.

Motor Honda Beat FI yang mogok ini dalam kondisi mogok mengeluarkan kedipan di lampu MILnya, indikator injeksinya ini menyala satu kali lambat dan dua kali berkedip cepat artinya adalah kode 12. Kode 12 di motor injeksi Honda artinya ada masalah di abgian injektor.

Kode 12 apakah berarti injektornya rusak?.

Ketika saya tes injektornya, ternyata injektor tidak menyemburkan bensin, apakah injektornya rusak?, coba saya pasangkan injektor lain yang masih normal ternyata masih tidak mau menyemburkan bensin, artinya injektor tidak bermasalah alias normal, lalu kenapa kalur kode MIL 12 dan injektor tidak mau menyemburkan bensin?.

Sebenarnya dari awal sudah saya tebak motor ini ada masalah dengan kabel putus, karena motor Honda beat fi itu kebanyakan kabelnya ada yang tergerus di bagian corong box filter yang menuju ke Throtle body. Benar saja, ada kabel yang terkelupas.

Dan ketika dicek kabel yang terkelupas, ada satu kabel yang putus dan kabel tersebut adalah kabel yang menuju ke soket injektor. Pantas saja injektor tidak mau menyemburkan bensin.

Tengok saja pada gambar dibawah ini, kabelnya terkelupas akibat gesekan dengan corong box filter udara.

Solusi, tentu hanya dengan menyambungkan kembali kabel yang putus tersebut. Untuk lebih jelas bisa dilihat pada video dibawah ini:

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini