ARIPITSTOP.COM – Marquez memang jadi sorotan utama dalam balapan itu. Pada Lap 3, saat ada di posisi keempat, ia menabrak Martin yang ada di depannya di Tikungan 3. Insiden ini memicu efek domino kepada Oliveira yang ada di depan. Marquez dan Oliveira langsung gagal finis di tempat, sementara Martin bisa melanjutkan balapan meski jatuh pada Lap 20. Aleix Espargaro berkomentar soal manuver Marc Marquez yang dianggap terlalu bahaya dan harus dihukum lebih tergas.

“Balapan ini bikin saya merasa kami tak belajar apa pun. Dengan kecelakaan-kecelakaan kemarin, orang-orang malah melakukan hal yang sama hari ini. Binder menabrak saya, dan lap pertama Joan sungguh gila. Joan tampak seperti bola boling karena bisa kehilangan lima detik akibat penaltinya,” ujarnya kepada Marca.

Aleix Espargaro menyatakan Marc Marquez seharusnya mendapat sanksi lebih berat. Larangan tampil satu balapan dipandang setimpal dengan aksinya menabrak Miguel Oliveira pada MotoGP Portugal, Minggu (26/3/2023).

“Apa sih untungnya buat mereka? Mengapa Anda harus membunuh tiga orang lain ketika kehilangan lima detik? Saya tak bisa memahami hal-hal macam ini, dan insiden Marc tampak serius. Ia bisa menghancurkan lutut Miguel dan membuatnya tak bisa balapan lagi pada sisa hidupnya. Dampaknya brutal,” keluh Espargaro.

Akibat kejadian itu, Marquez menerima hukuman double long lap penalty. Namun, Espargaro merasa penalti yang didapatkannya tidak cukup kuat.

“Bagi saya, mereka harus melarangnya untuk satu balapan, minimal, seperti yang mereka lakukan pada (Takaaki) Nakagami di Barcelona (tahun lalu),” ujar Espargaro.

“Bagi saya, itu konyol. Saya berharap, tapi saya tak peduli, saya tak tunduk pada aturan.

“Saya harap Miguel baik-baik saja karena kecepatan dia menabrak Miguel, bisa menghancurkan lututnya. Saya tahu karena Bradley Smith menabrak saya di Barcelona (beberapa tahun lalu) dan dia mematahkan lutut saya. Saya merasakan sakit yang luar biasa selama satu tahun.”

1 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini