ARIPITSTOP.COM – Perawatan terhadapa motor yang memakai pendinginan berupa cairan atau lebih sering disebut Air Radiator memang memerlukan perawatan ekstra, salah satunya dengan rutin mengganti air radiator sesuai anjuran. Bukan hanya itu saja, ada perawatan laiinya yang harus diperhatikan, karena jika lalai bisa mengakibatkan kinerja pendinginan bisa terganggu, salah satunya timbul lumpur putih yang mengakibatkan tersumbatnya jalur Radiator dan mesin jadi sering overheat.

Ceritanya kali ini ada konsumen datang ke bengkel Zona Speed dengan keluhan motornya sering overheat karena indikator merah/radiator sering nyala, konsumen mengira bahwa air radiator dalam kondisi habis atau berkurang. Maka konsumen berinisiatif untuk menambabhkan air radiator di tabung reservoir (cadangan), namun kaget ketika melihat di tuutp radiator dan tabung reservoir terdapat lumpur berwarna putih.

Ketika saya cek, ternyata benar kondisi tabung reservoir dalam kondisi penuh dengan lumpur putih, dan saya lihat di dalam radiator ternyata lumur putih ini sudah banyak, maka kita putuskan untuk membongkar radiator sampai waterpumpnya. Dan ketika kita buka, penampakannya seperti dibawah ini:

Tabung reservoir penuh dengan lumpur putih.

Di dalam Radiator justru lebih banyak lagi lumpur putihnya, kita tuang radiatornya yang keluar bukan air radiator melainkan lumpur putih semua.

 

Di selang-selang jalur radiator juga tersumbat oleh lumpur

Bagian thermostat juga tersumbat lumpur putih.

Bagian waterpump juga dihantui lumpur putih.

Penampakan banyaknya lumpur putih yang sudah terkumpul.

Inilah sebabnya mesin terjadi overheat karena air radiator tersumbat oleh lumpur putih. Lalu yang jadi pertanyaan adalah, kok bisa timbul lumpur putih yang begitu banyak?.

Awalnya saya mengira bahwa biang keladi dari lumpur putih ini adalah bercampur Air biasa dengan air radiator, namun setelah berkonsultasi dengan beberapa teman seprofesi, ternyata penyebabnya adalah bercampurnya oli mesin di dalam radiator.

Jika biasanya yang terjadi adalah oli mesin bercampur air radiator karena air radiator masuk ke ruang mesin akibat kebocoran seal waterpump, namun untuk kali ini berbeda. Bukan seal yang waterpump yang bocor melainkan lebih ke paking/gasket cylinder head yang bocor sehingga oli mesin nyebrang ke jalur Radiator.

Gasket cylinder head memiliki tugas sebagai perekat antara cylinder dengan cylinder head. Selain sebagai perekat kompresi, ia juga berfungsi untuk menahanan aliran oli maupun aliran air radiator pada saat mesin bekerja. Dalam arti lain gasket menjamin oli dan air radiator (coolant) tidak bercampur dan berada pada saluran masing-masing.

Pada saat terjadi masalah pada gasket cylinder head baik itu karena termakan usia atau lainnya maka akan terjadi sesuatu yang tidak normal. Salah satunya adalah bercampurnya oli dengan air radiator. Pencampuran inilah yang kemudian menjadikan air radiator tampak berwarna putih atau coklat susu.

Bukan hanya gasket cylinder, permukaan cylinder head dan cylinder yang tidak rata atau lecet juga bisa menjadi penyebabnya.

Jadi, ketika ada lumpur putih di radiator atau tabung radiator, segera cek ke bengkel untuk memastikan kerusakan yang terjadi.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini