ARIPITSTOP.COM – Sudah perah menemukan Motor sudah dalam posisi kunci kontak OFF bahkan sistem pengapian dan kelistrikan sudah dilepas namun Mesin motor tetap hidup?, yap… apakah Motor tersebut kemasukan arwah gentayangan?, ini penjelasan teknisnya.

Aneh tapi nyata, bisa dilihat pada video dibawah ini, sebuah motor Honda bertipe karburator ini mesinnya tetap menyala meski kunci kontak sudah Off bahkan dilepas, kemudian terminal aki dilepas ternyata motor masih hidup, tak sampai disitu, CDI, Spull sampai Kiprok kemudian ikut dilepas ternyata mesin motor ini masih tetap hidup juga, aneh…

Video Motor Setan, Klik disini

https://youtube.com/shorts/jyx2W_kMcBc?feature=share

Yap, kejadian ini sering terjadi pada mobil jenis Diesel sehingga dinamakan fenomena “Dieseling”. Karena memang umum terjadi pada mesin diesel dimana proses pembakarannya tidak menggunakan percikan bunga api busi, melainkan mengandalkan tekanan kompresi yang tinggi dan jelaga di ruang bakar sebagai penyulut campuran BBM.

Namun gejala kerusakan tersebut juga dapat terjadi pada mesin bensin terutama motor yang masih memakai tipe Karburator, lalu motor injeksi bagaimana?, bisa juga, namun di motor jenis injeksi ketika sistem kelistrikan sudah terlepas tidak ada suplay listrik ke fuelpump dan injector maka kejadian tersebut akan berhenti.

Gejala ini tergolong kondisi yang tidak normal. Secara teknis, mesin seharusnya langsung mati ketika kunci kontak kita posisikan OFF. Sebab, pada saat itu supply bensin terputus dan percikan api dari busi padam. Ini artinya, seharusnya pembakaran di ruang bakar terhenti dan mesin tak mendapat energi untuk berputar.

Yap, hal ini lebih sering terjadi pada motor jenis Karburator. Ketika kondisi ruang bakar yang sudah penuh dengan kerak, maka kompresi akan menjadi terlalu tinggi, kompresi yang terlalu tinggi akan menyebabkan campuran BBM akan mudah terbakar yang biasanya terjadi pembakaran dini. Kemudian akibat kerak yang sudah tebal ini, akhirnya kerak tersebut menimbulkan jelaga ketika motor hidup, meskipun motor sudah dimatikan, jelaga tetap menyala, untuk penyebutan lebih awamnya adalah menjadi Arang yang selalu menyala, seperti Arang kayu ketika buat membakar Sate.

Kita flashback dulu syarat terjadinya pembakaran di ruang bakar, mesin akan hidup jika memenuhi 3 unsur yaitu pertama adanya campuran bahan bakar, kedua karena adanya Pengapian dan yang ketiga adalah adanya kompresi. Ketika ketiga faktor tersebut terpenuhi maka mesinn akan menyala. 

Ok, lanjut ke topik ya… Kompresi yang tinggi mudah terbakar, kemudian ada jelaga yang terus membara sebagai pengganti percikan api busi, lalu campuran bensin dan udara terus disemburkan oleh Karburator, ingat… karburator tidak perlu suplai listrik untuk menyemburkan campuran BBM ke ruang bakar, asalkan piston bergerak naik turun maka Karburator akan bekerja.

Oleh karena itu, ketika kunci kontak sudah Off dan sistem pengapian sudah dilepas tapi mesin tetap hidup akibat kondisi motor yang sudah buruk terutama di ruang bakar. Di ruang bakar dan piston sudah menumpuk kerak yang tebal. Kerak tersebut menjadi jelaga yang membakar kompresi campuran BBM. Tak pelak mesin akan hidup terus dech…

Lalu cara matiinnya gimana?, gampang, lepas aja businya dari mesin atau karburator ditutup/dimampetin, kemudian selang jalur bensin ditekuk/dijepit, maka mesin akan mati dengan sendirinya.

Kondisi seperti ini motor harus segera diservis besar, untuk membersihkan kotoran di ruang bakar, kalau perlu ganti pistonnya, jangan lupa… klep juga disekir ulang ya…

 

Advertisements

3 KOMENTAR

  1. dulu waktu miara kalajengking pernah ngalamin kaya gini juga, waktu baru sampe tempat kondangan,mesin gak mau mati, padahal konci kontak udah dikantong,,
    panik parah dah,wkwkwkwkk

  2. Saya pernah ngalami dulu sekitar th 1968/1969; ngajarin kawan naik motor, waktu itu pakai Yamaha L2 (masih baru/inriejden). Saya dibonceng, karena baru bisa naik motor dia nggak oper gigi, tetap di gigi 1 , setelah berjalan sekitar 3 km, karena mau balik arah motor dihentikan dan gigi Netral, tak lama kemudian motor teriak dengan sendirinya, padahal posisi gas idle, sempat panik maklum masih umur belasan tahun. Konci kontak dimatikan dan dicabut, mesin tetap hidup, kabel busi dilepas juga masih hidup dengan RPM tinggi, kemudian kran tangki bensin saya tutup, setelah beberapa saat, baru motor bisa mati. Sempat deg deg an. Setelah saya diamkan sekitar 30 menit motor saya hidupkan dan hidup, terpaksa saya sendiri yang nyetir kembali kerumah.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here