ARIPITSTOP.COM – Yamaha sudah menggebrak dengan menjual motor listriknya untuk kawasan Asia Tenggara, untuk yang pertama kalinya resmi dijual di Vietnam. Yamaha NEO’S motor unyu yang setara dengan motor bensin 50cc ini resmi dijual dengan harga Rp 30jutaan.

Sebenarnya Yamaha sudah memperkenalkan Yamaha NEO’S sudah sejak setahun silam di Eropa, namun baru resmi dijual di Asia tepat mengawali tahun 2023 di Vietnam. Harga Yamaha NEO’S ini adalah 50 Juta Dong atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar Rp. 32,9 Jutaan, setara harga motor Nmax 155.

Yamaha NEO’S adalah kendaraan listrik yang diproduksi oleh Yamaha Motor Vietnam , diekspor dan dijual di pasar Eropa.

Kita lihat desainnya dulu ya, melihat motor ini secara desain tidak imut-imut banget, karena secara dimensi 11-12 dengan Yamaha Gear 125. Dengan Panjang 1875mm kemudian lebar 695mm dan tinggi 1120 mm, tak beda jauh dengan Yamaha Gear 125 dengan dimensi panjang 1870mm, lebar 685mm dan tinggi 1060mm. Ketinggian Jok juga hampir sama untuk Yamaha NEO’S ini tinggi joknya 795mm sedangkan Yamaha Gear 125 tinggi joknya 750mm.

Bentuk saja yang memang terlihat unyu ya, motor ini dilengkapi dengan penerangan dan sinyal serba lampu LED. Tengok desain lampu depannya, terbagi menjadi dua bagian mengkotak yang menjadikan motor ini terlihat unyu. Sedangkan lampu sein terlihat memisah kecil di bagian batok stang. Lampu belakang kita lihat dengan desain agak tipis memanjang melengkung, lampu sein ikut menyatu disitu.

Kemudian kita bagian kakinya, roda bagian depan memakai ukuran ukuran ban 110/70 dan 130/70 dibagian belakang yang keduanya menggunakan velg 13 inch. Suspensi depan pakai model teleskopik, dan sok belakang single, rem depan cakram dan belakang model tromol.

Soal fitur, motor tak kalah komplit dengan fitur motor setara 125cc milik Yamaha, motor ini dilengkapi dengan kunci keyless, ada fitur buat ngecas HP, dan jelas motor ini bisa terkoneksi dengan HP berkat fitur Y-Connect.

Uniknya dari motor listrik ini terlihat pada sistem penggeraknya, Yamaha NEO’s digerakkan oleh Yamaha Integrated Power Unit (YIPU) penggerak yang langsung terhubung ke roda belakang. Inti dari penggerak yang langsung nempel di roda belakang yang ringkas di Yamaha NEO’S ini adalah motor listrik brushless berpendingin udara yang baru dikembangkan dan bisa menghasilkan torsi tingkat tinggi untuk kelancaran, akselerasi yang kuat, dan pengoperasian yang sangat senyap.

Fitur utama dari YIPU generasi kedua ini adalah desain tanpa roda gigi yang sangat efisien yang secara signifikan mengurangi kehilangan daya transmisi yang biasanya terkait dengan roda gigi dan sabuk penggerak. Dengan teknologi ini jelas jika fitur ini juga akan semakin mengurangi suara yang dihasilkan oleh motor listrik, wich…. semakin senyap suaranya.

Yamaha NEO’S menggendong Baterai lithium-ion 50.4V/19.2Ah yang memiliki bobot hanya 8 kg terletak di bawah jok. Baterai ini memberikan output daya tinggi ke roda belakang. Dikembangkan dan diproduksi sendiri oleh Yamaha. Motor ini dilengkapi dengan dua Baterai, satunya sebagai cadangan hingga motor ini bisa melaju sejauh 72km (speed rata-rata 30km/jam dengan berat pengendara 75kg). Waktu pengecasan sampai penuh membutuhkan wkatu sekitar 8 jam. Tenaga yang dihasilkan setara dengan motor bensin 50cc yaitu power maksimum 3,1PS dengan torsi maksimum diangka 138,4Nm di putaran 40 rpm.

Yamaha NEO’S memiliki 3 varian warna yaitu Hitam, Putih, Biru dengan harga 50 Juta Dong atau jika dikonversikan ke rupiah sekitar Rp. 32,9 Jutaan. Sepertinya sudah bau-bau mau masuk Indonesia ini…

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here