ARIPITSTOP.COM – Motor sering mogok atau mbrebet akibat BBM yang yang tercampur dengan air alias Air masuk ke dalam Tangki, yang jadi pertanyaan adalah kenapa Air bisa dengan mudah masuk ke dalam Tangki padahal motor tidak terendam Banjir, ini penyebabnya.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor Fino dalam kondisi mogok, sang pemilik motor menuturkan kalau motornya selalu kemasukan air di dalam tangkinya. Kejaadian ini selalu terulang, menurut penuturan sang pemilik motor, Tangki sudah dikuras, tapi selang beberapa hari ternyata ada air lagi di dalam tangki.

Sudah pasti yang punya motor capek dengan kondisi tersebut, karena air di dalam tangki ini berbahaya buat motor. Pertama, bisa merusak Fuelpump dan membuat injektor jadi mampet. Kedua, tangki juga akan lebih mudah karatan.

Ketiga, air masuk ke ruang bakar tentu bisa menyebabkan water hammer. Keempat, motor akan hidup tidak normal, biasanya brebet atau justru mogok.

Lalu kenapa air selalu masuk ke dalam tangki?. 

Yap, setelah kita cek ternyata penyebabnya sepele, yang pertama adalah karet tutup tangki yang sudah robek. Karet tutup tangki yang sudah robek tentunya selain membuat bensin mudah tumpah keluar, air juga akan lebih mudah masuk ke dalam tangki terutama saat motor dicuci, terlebih dicuci pakai steam atau tekanan air yang tinggi.

Bukan hanya karet tutup tangki yang sobek, faktor kedua yang ditemukan adalah kondisi kulit jok yang sobek sobek,. Apa hubungannya dengan jok motor yang sobek2?, kulit jok yang sobek tentu akan memudahkan air untuk membasahi busa jok. Busa jok yang mudah menyerap air dan susah kering ini akhirnya airnya selalu menetes ke bawah atau diatas tangki, dengan kondisi karet tutup tangki yang sobek, akhirnya air dengan mudah masuk ke dalam tangki.

Tengok banyaknya air di dalam tangki, seperti jamu ya… jadi jangan sepelekan meski hanya sekedar karet tutup tangki dan kulit jok motor yang sobek.

Advertisements

3 KOMENTAR

    • hanya untuk keadaan tertentu kayanya.
      kalo kasus di atas kan udah jelas penyebabnya.
      bisa juga karena isi bensin selalu sedikit tidak pernah sampai full tank.
      bisa timbulkan uap air juga di tangki.
      dan pembelian di eceran yg bensinnya terjemur dalam botol

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here