ARIPITSTOP.COM – Yamaha Taiwan resmi merilis motor matic terbaru mereka dengan nama Yamaha Augur, motor dengan desain Anti Mainstream ini mengusung mesin 155cc yang identik dengan All New Nmax. Yang menarik, motor ini hadir dengan berbagai fitur yang paling menarik di kelasnya.

Yamaha Augur 155 menjadi line up terbaru Yamaha di Taiwan, yap… bukan di Indonesia ya, melainkan ini di Taiwan. Mengusung mesin Blucore 155CC, vva, yang memperkenalkan instrumen pintar TFT 4,3 inci untuk pertama kalinya, dan mendukung “Y-Connect TWN” . Harganya 118.000 yuan alias Rp 40jutaan.

Ketika melihat Yamaha Augur 155 ini, jelas dalam benak kita adalah desain yang anti mainstream. Lekukan serba lancip tajam terutama di bagian depan. Motor ini memiliki bentuk lancip segitiga, kemudian desain yang menarik dari lampu DRL yang terbagi menjadi 3 bagian, memanajng lurus di tengah, kemudian ada dua lagi pendek di kanan dan kiri lampu utama yang juga berfungsi sebagai lampu sein.

Kemudian lampu utama memakai lampu proyektor dengan dua tingkat. Canggihnya, lampu utama ini memiliki fitur seperti lampu moge Yamaha di motor Tracer 9 GT. Dimana lampu ini memiliki dua fitur keren.

Pertama, motor ini bisa menyesuaikan sorotan lampunya ketika motor sedang menikung. DSeperti pada motor Yamaha Tracer 9 GT, motor ini dilengkapi dengan “Y-LLA steering assist headlights” Sensor bawaan mendeteksi sudut kemiringan dan mengisi titik buta di bagian dalam kurva.

Kemudian yang kedua, pada lampu utama yang terbagi menjadi dua cluster atas dan bawah ini dilengkapi dengan sensor suhu yang bisa menyesuaikan warna cahaya sesuai kebutuhan misalnya pada saat kabut, maka lampu utama akan berubah warna menjadi menguning. Jadi ada dua mode lampu, yaitu lampu warna putih untuk keadaan normal, dan lampu warna kuning saat cuaca berkabut.

Dari fitur lampu diatas saja, Nmax dan Aerox sudah kalah fitur, ditambah fitur yang keren juga ini, tambah ngiri deh. Yamaha Augur sudah dilengkapi dengan Speedometer TFT yang terkoneksi dengan HP dan motor ini juga dilengkapi dengan fitur navigasi, ajib banget ya…

Fitur lainnya pada instrumen TFT 4,3 inci Yamaha Augur adalah motor ini memiliki sensor pengingat batas kecepatan (sebagai fitur keselamatan), kemudian dilengkapi sensor tekanan ban (dijual terpisah sebagai aksesoris). Tak ketinggalan tentunya fitur TCS alias Traction control.

Fitur oainnya, motor ini dilengkapi dengan keyless, kemudian ada colokan USB buat charger HP. Menarik juga karena ngisi bensin lewat dek depan samping kiri seperti di Yamaha Freego 125.

Soal mesin gimana?, persis banget banget denga spesifikasi yang ada di All New Nmax. AUGUR mengadopsi mesin satu silinder berpendingin cairan, VVA 155cc, dengan power sebesar 14,7PS @ 8.000RPdan Torsi Maksimal 1,41KG-M @ 6.500RPM. Lau bobot motor ini meningkat 2KG dibandingkan dengan FORCE 2.0 menjadi 132KG; jarak sumbu roda dan tinggi jok sama dengan FORCE 2.0 pada 1340mm dan 815mm. Remnya juga menggunakan kaliper depan dua piston dan kaliper belakang satu piston, yang juga dilengkapi dengan ABS untuk meningkatkan keselamatan.

Advertisements

7 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here