ARIPITSTOP.COM – Filter udara memiliki peran yang penting di Motor agar motor bisa berjalan dengan baik, terlihat sepele namun kalau tidak diperhatikan, motor akan bermasalah karena pemakaian Filter Udara yang tidak tepat misalnya kualitas KW atau yang murahan. Kalau lagi apes, motor malah mogok sampai harus turun mesin.

Secara fungsi, filter udara di motor memiliki peran untuk menyaring udara dari berbagai partikel asing seperti debu dan kotoran sebelum masuk ke ruang bakar. Udara yang digunakan dalam proses pembakaran harus benar-benar bersih sehingga tidak menyumbat sistem injeksi atau karburator.

Lalu apa kerugian pemakaian filter udara KW yang tampak asli?.

Kotoran yang masuk ke ruang bakar tidak bisa disaring dengan sempurna, bahkan jika kotoran yang menempel di filter udara sampai menumpuk tidak segera dibersihkan, kotoran ini akan masuk ke ruang bakar. Tidak hanya menyebabkan kerusakan pada komponen piston dan perangkatnya. Tetapi, jika kotoran sudah mengendap terlalu banyak bisa menyebabkan terjadinya kebocoran pada kompresinya akibat banyaknya endapan atau karbon di bagian Klep.

Alhasil kompresi motor akan lebih cepat bocor bahkan terjadi over kompresi, kompresi yang terlalu padat membuat part2 cepat aus bahkan tenaga motor jadi turun.

Efek buruk lainnya adalah kotoran yang masuk tersebut juga akan membuat busi akan lebih cepat kotor. Jika kondisi ini berlangsung lama, bukan tidak mungkin usia komponen pemantik api pembakaran tersebut akan lebih cepat rusak.

Dan ini yang paling apes, karena kualitas filter udara KW itu jelek, bahan yang tidak kita ketahui kualitasnya, mudah terjadi kerusakan pada bagian pengunci kawat busa. Kalau Pengunci kawat terlepas, maka kuncian tersebut akan masuk ke ruang bakar lalu terjepit di bibir klep hingga akhirnya klep jadi bocor. Lihat gambar dibawah ini, nomor 1 masih normal, nomor 2,3 dan 4 terlihat kuncian terlepas dan masuk ke Klep akhirnya klep kompresi jadi bocor dan motor harus bongkar mesin, malah jadi tekor.

Advertisements

2 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here