ARIPITSTOP.COM – Beberapa hari yang lalu, presiden FIM yang baru Jorge Viegas secara mengejutkan menyatakan tim balap Valentino Rossi, Mooney VR46 Racing Team, akan pindah dari Ducati ke Yamaha di MotoGP 2024. Hal ini ia katakan di sela gelaran FIM Awards di Rimini, Italia, Sabtu (3/12/2022). Akan tetapi, kabar tersebut langsung ditepis oleh Uccio, VR46 tetap akan bersama sampai akhir 2024 dan opsi perpanajngan dua tahun.

Sebelumnya Viegas menilai kompetisi MotoGP bakal kurang kompetitif jika Yamaha hanya memiliki dua pebalap di trek. Oleh sebab itu Yamaha harus kembali diperkuat oleh pebalap tambahan dari tim satelit. Pada 2023 Yamaha hanya memiliki dua pebalap usai RNF Racing Team memutus kerja sama dan beralih ke Aprilia.

“Ini bukan situasi yang baik (bagi Yamaha), tapi itu hanya untuk tahun ini, pada tahun 2024 tim balap Rossi, Mooney VR46, bisa beralih dari Ducati ke Yamaha,” kata Viegas dikutip dari Motosan.

Pernyataan Viegas langsung ditepis oleh Uccio, manajer tim Mooney VR46 Racing Team. Menurut Salucci, perkataan Viegas seperti sebuah bom yang dijatuhkan.

“Ini adalah kisah yang tidak pernah berakhir. Sebelumnya mereka mengatakan bahwa kami akan jadi tim satelit Yamaha pada 2023 dan sekarang mereka telah menundanya hingga 2024. Saya tidak tahu mengapa Viegas menjatuhkan ‘bom’ ini. Kami tidak tahu apa-apa tentang itu,” tegas Salucci.

Salucci sendiri mengatakan bahwa Mooney VR46 Racing Team tidak memiliki sedikit pun rencana untuk pindah partner dari tim Ducati ke Yamaha. Mereka ingin menghormati kontrak yang sudah diteken bersama Ducati hingga akhir 2024. Malah ada opsi perpanjangan kontrak selama dua tahun lagi.

“Kami pasti akan memenuhi kontrak yang ada. Untuk tahun 2025 kami akan melihat apakah kami akan melanjutkan dengan Ducati atau tidak. Seperti yang selalu saya katakan, penting bagi kami memiliki motor yang kompetitif.”

“Dari sudut pandang pribadi, saya berharap Yamaha akan kompetitif. Saya tidak menyangkal bahwa ada ikatan tertentu dan tentu saja saya berharap demikian untuk Morbidelli, seorang pembalap dari akademi kami yang membalap untuk Yamaha. Tapi keinginan ini tidak ada hubungannya dengan tim VR46.” tegas Uccio.

“Saya tidak tahu mengapa rumor ini dimulai. Jika ada kebenarannya, alangkah baiknya jika mereka membaginya dengan kita juga. Kami merasa nyaman dengan Ducati. Motornya kuat dan Marini dan Bezzecchi sangat senang dengan mereka. Jadi jalan kami adalah melanjutkan dengan Ducati.” pungkas Uccio.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here