ARIPITSTOP.COM – Logis bila VR46 akan pindah ke Yamaha, pasalnya tim ini adalah milik Valentino Rossi yang sudah lama identik dengan Yamaha bahkan kerjasama di kelas Moto2 juga sudah terjalin dengan Yamaha, jadi tak bisa dipungkiri jika VR46 terus dikaitkan dengan Yamaha. Dibocorkan oleh Presiden Federasi Balap Motor Internasional (FIM), Jorge Viegas secara mengejutkan menyatakan tim balap Valentino Rossi, Mooney VR46 Racing Team, akan pindah dari Ducati ke Yamaha di MotoGP 2024. Hal ini ia katakan di sela gelaran FIM Awards di Rimini, Italia, Sabtu (3/12/2022).

VR46 mulai berlaga di MotoGP pada 2021 sebagai tim satelit Ducati, melebur dengan Avintia Esponsorama. Namun, Avintia Esponsorama kemudian mundur dari MotoGP pada 2022, dan slotnya diambil alih seluruhnya oleh VR46. Sejak itulah VR46 menurunkan dua pembalap.

Sebelumnya bos Ducati sudah mengatakan kalau VR46 sampai 2024 sudah menjalin kontrak dengan Ducati. VR46 meneken kontrak dengan durasi yang cukup panjang dengan Ducati saat memutuskan terjun ke kelas para raja MotoGP. VR46 akan menjadi tim satelit Ducati selama ini tiga musim lamanya dari 2022 sampai 2024.

Tapi ternyata ungkapan berbeda keluar dari mulut Viegas justru memberikan pernyataan berbeda kepada Rai TV. Pria asal Portugal yang baru saja kembali terpilih untuk menjabat sebagai Presiden FIM ini, justru menyatakan sedang ada pembicaraan di antara pihak-pihak terkait demi mewujudkan VR46 pindah ke Yamaha pada 2024.

“Saya tak melihat situasi ini (hengkangnya Suzuki dan tak adanya tim satelit Yamaha) sebagai situasi yang baik. Namun, saya rasa situasi ini hanya akan berlangsung pada 2023. Pada 2024, tim Vale akan berpindah dari Ducati ke Yamaha,” ungkap Viegas seperti yang dikutip oleh GPOne pada Sabtu (3/12/2022).

“Untuk saat ini, hal itu masih merupakan sebuah ide, dan belum ada yang bisa dikonfirmasi. Namun, saya hanya ingin berbagi kabar. Jadi, akan ada 6 Ducati dan 4 Yamaha,” pungkas Viegas, mengingat saat ini Ducati memiliki 4 tim dan 8 pembalap.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here