ARIPITSTOP.COM – Kode 12 di motor Aerox 155 sudah seperti menjadi kode keramat, kode ini muncul akibat kegagalan start yang biasanya muncul akibat soket di spull yang terbakar/meleleh. Ada berbagai cara yang dilakukan untuk mengatasi kode 12, salah satunya dengan memasang soketatau kabel tambahan yang dipercaya sebagai anti kode 12. Namun ternyata, soket yang dipercaya sebagai obat kode 12 bisa meleleh juga.

Yamaha Aerox 155 dan Lexi 125 memang sampai saat ini masih ada saja yang dihinggapi masalah eror kode 12 disertai motor mogok, kode 12 ini artinya ada masalah di seputar Crankshaft Position Sensor, hal ini disebabkan oleh soket yang menyambungkan antara spull dengan kabel body terlihat gosong terbakar, Ini mengakibatkan suplai listrik yang diterima SGCU menjadi gak stabil / kurang sehingga motor tidak bisa dihidupkan.

Lalu jika soket sudah gosong apakah harus ganti spull dan kabel bodynya?, sampai saat ini solusi terbaik memang hanya mengganti dengan spull model terbaru yaitu spul model kabel panjang yang langsung terhubung ke SGCU, namun harganya lumayan… Kode part spull kabel panjang ini B63-H1410-11 jangan salah ya, karena salah kode akan salah beli, belakangnya harus -11. Harganya Rp 872.000 perbulan Desember 2022 (harga sewaktu-waktu bisa mengalami kenaikan).

Kalau belum ada, tentu saja bisa diakalin, pertama dengan cara kabel soket dipotong lalu dismabung langsung. Solusi yang kedua dengan cara mengganti soket dengan model lain. Namun perlu diingat, ini hanya solusi sementara. Karena banyak beredar kabel atau soket yang katanya anti kode 12 alias kalau sudah pasang kabel atau soket tersebut tidak akan kena kode 12 lagi, namun fakta di lapangan berbeda. Meskipun sudah pasang soket model yang anti-anti kode 12 ternyata masih meleleh juga.

Seperti yang baru saja terjadi di Zona Speed, kedatangan konsumen motor Aerox 55 dengan keluhan kode 12, setelah kita cek ternyata spullnya sudah terpasang soket modifikasi yang katanya anti kode 12, namun ternyata kondisinya sudah meleleh alias kebakar.

Lihat saja soketnya, meleleh… dan kejadian ini bukan yang pertama kalinya saya temukan, bahkan yang model soketnya lebih kecil dan panjang juga pernah didapati meleleh/terbakar juga. Artinya, soket/kabel yang katanya anti kode 12, tidak sepenuhnya benar.

Jadi disini bisa saya katakan, proses penyambungan langsung kabel spull dan penggantian soket spull dengan model modifikasi adalah hanya sebagai solusi sementara bukan Anti Kode 12. Solusi terbaik saat ini ya dengan cara mengganti spull model panajng yang sudah dijual bebas oleh Yamaha. Spull ini merupakan model revisi untuk old Aerox 155, sehingga sudah teruji oleh pabrikan Yamaha, namun memang harus merogoh kocek yang cukup dalam.

Advertisements

7 KOMENTAR

  1. Tetanggaku sdh 2x ganti soket seperti gambar yg gosong..dan yg skrng sdh yg kr 3x nya hehehe..bahaya krn posisi bawah jok yg panas kl sampai terbakar bisa nyamber ke throttel body
    Emang seharusnya itu termasuk part yg perlu di recal sih..krn rata2 aerox kena kode 12 hehe

  2. CACAT produk lho ini termasuk…

    WAJIB RECALL.. !!! karena motor langsung metong…

    beda ama sebelah,..rantai kemrosak aja diributin padahal itu motor bisa di gass poll tanpa ngurangin kemampuan..

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here