ARIPITSTOP.COM – Mandalika International Street Circuit menjadi tuan rumah putaran terakhir Idemitsu Asia Talent Cup (IATC) 2022. Balapan pertama putaran keenam ini digelar Sabtu (12/11/2022) dan pebalap tuan rumah yang didukung Astra Honda Motor tampil menjanjikan. Veda Ega Pratama mencatat sejarah dengan menjuarai balapan 16 lap ini. Rekan satu timnya, Aan Riswanto, finis di posisi keenam. Sementara itu, Reykat Yusuf Fadillah finis di posisi ke-11, M Diandra Trihardika ke-12, dan Decksa Almer Alfarezel, yang turun sebagai wildcard, finish di posisi ke-16.

Dari pole position, Veda melakukan start dengan baik dan langsung memimpin balapan. Bersama tiga pebalap di grup terdepan, Veda mulai membuka jarak dari pebalap lainnya. Pada pertengahan balapan, Veda sudah unggul 1 detik lebih dari tiga pebalap di belakanganya. Pebalap Indonesia ini terus membuka jarak dan akhirnya mulus menyentuh garis finis di urutan pertama, hampir delapan detik lebih cepat dari pebalap di urutan kedua.

“Alhamdulillah, saya senang sekali bisa naik podium juara di kandang sendiri. Hasil FP dan QP yang bagus menjadi modal kepercayaan diri yang sangat besar buat saya untuk tampil maksimal. Saat balapan, selepas start saya menjaga fokus untuk tidak melakukan kesalahan dan terus menjaga irama balapan sehingga bisa finis pertama. Podium ini saya persembahkan untuk orang tua saya, Astra Honda, dan masyarakat Indonesia. Pada race kedua, saya akan mencoba untuk mengulangi hasil bagus ini.” ungkap Veda.

Bagi Veda, ini merupakan kemenangan keduanya musim ini setelah sebelumnya menjuarai balapan kedua di Thailand. Kemenangan ini juga menjadi penebusan sempurna Veda di Mandalika. Pada putaran sebelumnya di sirkuit ini pada Maret 2022, pebalap 13 tahun tersebut tidak bisa turun balapan karena mengalami cedera saat sesi kualifikasi. Sementara itu, Aan finis di urutan keenam, Reykat ke-11, Diandra ke-12, dan Decksa ke-16.

Kemenangan ini juga mengantar Veda makin dekat dengan targetnya untuk menutup musim di peringkat tiga besar klasemen. Dengan tambahan 25 poin, dia kini berada di peringkat keempat dengan 116 poin, 11 angka tertinggal dari pebalap di peringkat ketiga. Reykat berada di peringket ke-9 (73 poin), Aan ke-12 (49 poin), dan Diandra ke-14 (42 poin).

Balapan terakhir musim ini akan digelar di Mandalika International Street Circuit pada Minggu (13/11/2022) pukul 14:00 WIB.

Hasil Race 1:

  1. Veda Ega Pratama – Indonesia
  2. Carter Thompson – Australia
  3. Hakim Danish – Malaysia
  4. Shinya Ezawa – Jepang
  5. Gun Mie – Jepang
  6. Aan Riswanto – Indonesia
  7. Jakkreephat Phuettisan – Thailand
  8. Amon Odaki – Jepang
  9. Rei Wakamatsu – Jepang
  10. Marianos Nikolis – Australia
  11. Reykat Yusuf Fadillah – Indonesia
  12. Diandra Trihardika – Indonesia
  13. Farish Hafiy – Malaysia
  14. Thanat Laoongplio – Thailand
  15. Thanakorn Lakharn – Thailand
  16. Decksa Almer Alfarezel – Indonesia
  17. Emil Izdhar – Malaysia
  18. Kavin Quintal – India

Gagal finis:

  • Farres Putra – Malaysia
  • Cameron Swain – Australia
Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here