ARIPITSTOP.COM – Indonesia Motorcycle Show (IMOS) 2022 yang diselenggarakan oleh Asosiasi Industri Sepeda motor Indonesia (AISI) telah berakhir pada Minggu, 6 November 2022. Penyelenggaraan pertama kali setelah Covid 19 ini berhasil menarik animo pengunjung dari beragam kalangan. Hingga ditutup pada Minggu (6/11) malam, tercatat 89.987 orang pengujung hadir menyaksikan pameran sepeda motor terbesar di Tanah Air ini.

IMOS 2022 berhasil merepresentasikan perkembangan industri sepeda motor Indonesia dengan beragam inovasi produk dan teknologi sepeda motor, termasuk sepeda motor berbasis listrik. Antusiasme pelaku industri sepeda motor nasional terus tumbuh, berinovasi, memenuhi kebutuhan masyarakat pengendara motor tersaji pada IMOS 2022.

Johannes Loman, Ketua Umum AISI juga mengungkapkan industri sepeda motor memiliki tantangan besar untuk terus berkembang memenuhi kebutuhan masyarakat sekaligus memberikan kontribusi untuk negara. Pertumbuhan berkelanjutan industri sepeda motor ini, memicu setiap produsen untuk terus melakukan inovasi dan mengembangkan teknologi kendaraan yang semakin ramah lingkungan, termasuk kendaraan listrik berbasis baterai, seperti yang menjadi arahan dan concern pemerintah kita saat ini.

“Karena itu, pada IMOS 2022, kita dapat saksikan bersama bagaimana komitmen anggota AISI dan para peserta IMOS 2022 lainnya dalam berupaya menghadirkan produk dan teknologi sepeda motor listrik terkini. Kami yakin kehadiran motor listrik berbasis baterai ini, menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung, selain kehadiran motor bahan bakar ramah lingkungan lain di area IMOS tahun ini.”

Menurutnya, AISI akan terus mendorong agar Industri sepeda motor Indonesia terus berperan penting dalam menyajikan produk-produk dengan teknologi terkini, yang aman, nyaman dan ramah lingkungan, serta dapat terus memberikan kontribusi positif bagi pertumbuhan ekonomi negara, baik melalui penciptaan lapangan kerja, maupun pajak.

Magnet Bagi Pengunjung

Tahun ini IMOS 2022 kembali memamerkan berbagai inovasi produk dan teknologi sepeda motor terbaru. Sebanyak 8 sepeda motor diperkenalkan dan diluncurkan, termasuk diantaranya 4 sepeda motor listrik.

Kami sangat mengapresiasi antusiasme masyarakat terhadap penyelenggaraan perdana IMOS pasca Covid 19 tahun ini. Animonya luar biasa. Puluhan ribu pengunjung memadati area pameran IMOS tahun ini,” ungkap Sigit Kumala, Ketua Bidang Komersial AISI sekaligus ketua penyelenggara pameran IMOS.

Sigit mengungkapkan pengunjung juga sangat antusias mencoba sepeda motor terbaru di area test ride IMOS. Mereka menjajal kemampuan 25 unit sepeda motor yang tersedia di area test ride dengan lebih dari 1.700 trip.

Total lebih dari 65 merek berpartisipasi pada pelaksanaan IMOS tahun ini, para peserta yakni anggota AISI seperti PT Astra Honda Motor, PT Kawasaki Motor Indonesia, PT Suzuki Indomobil Sales, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, serta beberapa merek sepeda motor lain, seperti Benelli, Husqvarna, Italjet, Keeway, KTM, Royal Alloy, Royal Enfield, serta termasuk juga sepeda motor listrik Davigo, Energica, ION Mobility, NIU, Polytron, Treeletrik, sementara Smartby EV Centre memamerkan U-Winfly, Volta, ECGO, BF Goodrich, Sunrace, Bravo, Goda dan I Moto. Serta berbagai industri pendukung seperti ban, spareparts, pelumas mesin, aksesoris seperti helm dan apparel, dan berbagai peralatan berkendara pendukung lainnya.

Kesuksesan penyelenggaraan IMOS 2022 juga tidak lepas dari dukungan para sponsor, FIFGROUP sebagai sponsor platinum, dan juga Super Challenge dan Kahf sebagai sponsor.

AISI juga menyatakan IMOS akan terus menjadi motor pencapaian industri sepeda motor Indonesia. “Kami rasa IMOS tahun ini telah menarik perhatian para pengujung dengan berbagai produk dan teknologi terbarunya, sekaligus berhasil memenuhi harapan para peserta dengan pencapaiannya,” terang Sigit.

IMOS 2022 juga telah menentukan best booth, favourite booth, serta favourite booth dari industri pendukung berdasarkan pilihan pengunjung. PT Astra Honda Motor memenangkan kategori best booth, sedangkan titel favourite booth diboyong oleh PT Yamaha Motor Manufacturing Indonesia, dan favourite booth dari industri pendukung dimenangkan oleh Yuasa.

Empat grandprize sepeda motor dari para anggota AISI untuk para pengunjung IMOS 2022, juga telah diundi pada akhir penyelenggaraan IMOS 2022. Para pemenangnya adalah Honda Genio – Putri Ayu Amelia (J2F2AW1ZOW1K), Suzuki Address – Aprilia Dewi Timorarti (8NVUDPGNMVAM), Yamaha Fazzio – Muhammad Ichsan (J25BO37XJWQV), serta Kawasaki W175TR – Erny (BTJSY283B86A).

Penyelenggaraan IMOS berikutnya, dijanjikan lebih seru dan meriah. “AISI berencana akan kembali menyelenggarakan gelaran IMOS berikutnya dengan lebih meriah, membawa inovasi terbaru dari anggota AISI dan juga seluruh industri sepeda motor Indonesia,” tutup Sigit.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here