ARIPITSTOP.COM – Mitos yang mengatakan mesin motor menjadi halus ketika dimasukkan buah Pisang memang sudah beredar sejak lama, bahkan mitos ini dijadikan trik para penjual motor second yang nakal untuk mengakali mesin motor yang dijualnya terdengar lebih halus suara mesinnya sehingga memiliki nilai jual yang lebih tinggi. Inilah salah satu contoh pedagang yang nakal.

Hati-hati membeli motor seken, karena banyak pedagang yang mengakali kondisi buruk dagangannya agar tampak seperti baru. Memang tak semua pedagang curang, namun sebagai pembeli kita wajib pasang kewasapadaan. Salah satu yang kerap diakali adalah suara mesin motor yang kasar.

Umumnya yang dilakukan para pedagang curang ini adalah dengan memberi oli yang kental. Selain menggunakan oli yang kental mesin juga bisa diberi pisang yang masak. Pisang akan meredam suara dari kasarnya mesin.

Salah satu yang menjadi korbannya terlihat pada foto diatas, motor Jupiter MX ini terlihat banyak sekali Pisang di bagian koplingnya. Dishare di group FB Komunitas Mekanik Motor Indonesia, konsumen yang yang datang ke bengkel ini habis membeli motor second, namun ketika mesinnya dibongkar betapa kagetnya ada buah pisang di dalam mesin.

Padahal dengan dimasukkan buah Pisang ke dalam mesin, justru berpotensi menambah kerusakan pada bagian mesinnya lainnya. Karena pisang ini bisa menyumbat jalur oli mesin untuk bisa naik ke cylinder head, kalau jalur oli tersumbat maka part di bagian cylinder head tidak ada pelumasan oli mesin, alhasil akan pada rusak semua.

Inilah salah satu contoh pedagang motor second yang tidak berkah, tidak barokah hasil penjualannya.

1 KOMENTAR

  1. Laknatullah Alaih Untuk Pedagang Curang Tersebut!!! Moga Mati Kena Adzab Yang Perih

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini