ARIPITSTOP.COM – Honda kepergok telah mendaftarkan desain motor bebek yang terlihat jelas bahwa itu adalah bentuk dari Astrea yang pernah eksis di Indonesia namun dengan penampilan terbarunya. Desain ini telah terdaftar di Pangkalan Data Kekayaan Intelektual (PDKI). Apakah Astrea akan dihidupkan lagi?.

Kaget ketika melihat sebuah desain motor bebek yang mirip dengan Honda Astrea itu terdaftar di Berita Resmi Desain Industri No. 32/DI/2022 yang diterbitkan oleh Direktorat Hak Cipta dan Desain Industri Direktorat Jenderal Kekayaan Intelektual Kementerian Hukum dan HAM. Desain itu didaftarkan atas nama Honda Motor Co., LTD yang beralamat di Tokyo, Jepang. Motor ini terdaftar dengan tiga orang perancang dari Thailand.

Honda Astrea sudah tidak diproduksi di Indonesia, tapi generasi motor bebek ini masih terus berlanjut di sejumlah negara di Asia Tenggara, salah satunya di Kamboja dan Vietnam yang kini sudah berubah menjadi Honda Dream 125 dengan penampilan mewah dan fitur lebih lengkap.

Yap, kalau melihat secara jeli desain yang didaftarkan di Indonesia tersebut, ternyata motor itu adalah sama banget dengan Honda Dream 125 yang sampai saat ini masih dijual di Kamboja dan Vietnam.

 

Dream 125 mengusung mesin 125cc, 4-tak, 1-silinder, berpendingin udara. Tenaga hasil pembakaran disalurkan ke roda belakang pakai transmisi semi otomatis 4-percepatan.

Bebek irit ini memiliki berat 101 kg, tangki bahan bakar berkapasitas 4 liter, tinggi jok 745 mm, dan jarak terendah dari tanah 135 mm.

Fiturnya suspensi depan teleskopik dan belakang dual shock-absorber. Kaki-kaki pakai pelek 17 inci, ban depan 60/100 dan belakang 70/100. Rem depan belakang juga masih pakai model tromol.

Lalu apakah motor ini akan dihidupkan lagi di Indonesia?, meski sudah didaftarkan desainnya, namun ssepertinya berat kalau melihat hasil penjualan motor bebek yang kini semakin tergerus hilang dipepet oleh motor matic.

Honda Dream 125

Advertisements

4 KOMENTAR

  1. Transmisi terbaik untuk motor harian, bukan matik ringkih dan hambar juga bukan kopling yg ribet dan capek.

    Harusnya lebih banyak motor cc gede yg pakai ini jangan cuma bebek 100-125cc doang.

  2. dan jenis mesin Inilah yg murah meriah perawatannya sekali beli bisa sampai anak dah nikah dan diri Ini jd kakek msh awet kl dirawat tentunya , kl mesin sekarang walau dirawat sekalipun ttp aja 5 tahun da waktunya beli lagi😋

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here