ARIPITSTOP.COM – Motor matic terasa gredeg alias bergetar atau loncat-loncat saat akslrasi atau tarikan awal?, ada beberapa faktor penyebabnya yang pada intinya ini adalah kondisi ketika kampas kopling ganda terjadi selip tidak bisa menempel sempurna dengan Mangkok gandanya. Salah satu penyebabnya adalah seal pully belakang yang bocor.

Ketika mendapati motor matic kita terasa gerdeg di tarikan awal atau saat akslerasi memang tidak nyaman banget, apalagi kalau sedang terkena jalanan yang macet, tangan jadi terasa pegal banget akibat motor selalu bergetar parah terutama harus menahan di bagian stang.

Kenapa motor matic bisa gredeg?, gredg atau loncat loncat saat tarikan awal atau saat akslerasi pada motor matic bisa terjadi karena kondisi kampas kopling dan rumah koplingnya mengalami selip, alias selip kopling. Nach, yang perlu dicari adalah kenapa kempas ganda/kopling ini bisa terjadi selip.

Macam2 faktornya, bisa karena CVT kotor banyak debunya, kemudian kampas ganda atau mangkok gandanya sudah aus, mangkok ganda peang, kampas ganda sudah terlalu keras, kampas ganda KW, per kampas ganda sudah lemah. Namun yang sering terjadi adalah seal pully belakang yang bocor.

Seal pully belakang yang terdiri dari 2 pcs seal dan 2 pcs oring ini berfungsi untuk menahan Gemuk CVT yang ada di dalam aera Pully belakang. Jika seal Pully ini bocor maka gemuk CVT akan muncrat keluar, ketika gemuk CVT pada muncrat keluar maka akan melumasi part lain seperti kampas ganda dan mangkok ganda yang sebenarnya tidak boleh terkena Gemuk CVT yang pada akhirnya bikin kampas ganda jadi gredeg.

Bisa terlihat contohnya dibawah ini, seal pully yang bocor:

Terlihat akibat seal pully yang bocor, gemuk CVT menempel di per CVT.

Gemuk CVT juga menempel di mangkok ganda.

Gemuk CVT juga menempel di bagian kampas ganda.

Hal inilah yang menyebabkan motor matic jadi terasa gredeg atau loncat2.

Untuk mengatasinya jelas harus ganti sseal pully yang baru, harganya rata2 dibawah 50ribu, meski beberapa motor matic ada yang harga seal pullynya mencapai 100ribuan. Pastikan juga memakai gemuk CVT yang asli, karena Gemuk CVT yang KW itu tidak tahan panas, ketika menjadi encer akan keluar melalui celah seal.

Berikut videonya:

3 KOMENTAR

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini