ARIPITSTOP.COM – Untuk kesekian kalinya akhirnya bisa kembali merasa sensasi ngetes motor CBR250RR di sirkuit, pernah ngetes New CBR250RR edisi pertama di sirkuit Sentul, kemudian tahun 2020 silam ngetes New CBR250RR SP QS di sirkuit internal AHM yang ada di Delta Mas Cikarang, dan kali ini kembali mencicipi New CBR250RR SP QS yang sudah naik powernya di tempat yang sama. Satu kata pembukaan untuk tes kali ini adalah “semakin asik”.

Pada tahun 2020 silam, Honda CBR250RR SP QS memiliki update dua fitur baru yang membuat nyaman saat pindah gigi serta menambah power serta akslerasi dengan dipasangnya Quick Shifter. New CBR250RR generasi pertama memiliki power sebesar 38,7PS kemudian generasi kedua powernya dinaikin menjadi 41PS untuk versi SP QS sedangkan untuk tipe standar masih dengan power yang sama.  Dan kini di akhir tahun 2022, AHM kembali merilis New CBR250RR.

Secara umum PT. AHM merilis 3 varian Honda CBR250RR model year 2023 : versi standar, versi SP dan versi SP Quick Shifter. Nah dari 3 varian ini penggunaan spek mesinnya berbeda. CBR250RR standar pakai generasi mesin sebelumnya dengan power maksimum 38,7PS sementara CBR250RR SP dan SP QS sudah menggunakan mesin generasi terbaru dimana power maksimumnya naik menjadi 42 PS.

Yap, New CBR250RR memang sekilas desainnya sama seperti versi sebelumnya padahal semua beda kecuali lampu depan dan belakang, semua cover2 dan fairing beda banget kalau dilihat secara detail. Bukan hanya bajunya saja yang baru tapi mesinnya juga baru… New CBR250RR SP QS kini memiliki kenaikan power menjadi 42PS, kompresi di ruang bakar juga naik dari 12;1 kini menjadi 12,5:1.

Dari spek diatas, ada part2 yang diganti seperti piston yang lebih tinggi untuk menaikkan kompresi dan juga cylinder head dipapas 0,16mm, kemudian perubahan di bagian Noken As yang IN, lanjut perubahan pada gear box, diameter Intake juga diperbesar untuk menyesuaiakan pemasukan di ruang bakar, sebanyak 0,2 mm jalur intake port dari 21,4 mm menjadi 21,6 mm. Bahkan sampai Magnet tak ketinggalan, bobotnya juga dikurangi sebanyak 0,02 kg dengan cara memapas bagian permukaan luarnya. Dan tentu saja, ECM juga mendapatkan perubahan setingan.

Spek power yang berubah diatas membuat akslerasi New CBR250RR SP QS memang semakin asik. Dan akhirnya Aripitstop kembali mendapatkan kesempatan untuk mencoba sensasi power 42PS ini. Kali ini New CBR250RR kita tes di trek divisi Product Quality Engineering (PQE) PT. AHM yang bersebelahan dengan komplek pusat pelatihan berkendara Astra Honda Motor Safety Riding and Training Center (AHMSRTC) yang berada di kawasan Greenland International Industrial Centre (GICC) Kota Deltamas, Cikarang, Jawa Barat.

Memang sangat terasa perubahannya, apalagi naik motor dengan fitur Quick shifter ini memang lebih nyaman lagi ketika memindahkan gigi, mau menambah atau mengurangi gigi tinggal congkel saja tanpa harus menekan tuas kopling.

Asiknya di CBR250RR ini ada 4 mode QS, namun sayangnya untuk memindahkan mode QS ini motor harus dalam keadaan berhenti, tidak bisa dilakukan sambil riding.

Yap, fitur QS di CBR250RR ini bisa diseting 4 mode yaitu :

  1. Mode yang mengaktifkan Quick Shifter untuk menaikkan dan menurunkan gigi
  2. Mode menaikkan gigi saja
  3. Mode menurunkan gigi saja
  4. Mode Quick Shifter off

Tutorial videonya ada dibawah ini ya, tolong diklik ya…

Tentu saja pada kesempatan pengetesan kali ini langsung diset ke mode Sport= dan QS mode ON. Ketika menghidupkan motor pertama kali dari Netral kemudian pindah ke Gigi 1 tentu saja masih memakai tuas kopling, karena kalau tanpa tuas kopling ditekan, motor akan terasa sedikit loncat saat pindah gigi, akan tetapi ketika motor sudah melaju dengan kecepatan diatas 50km/jam, pindah gigi tanpa pencet tuas kopling rasanya sudah seperti motor bebek aja… tapi bedanya betotan akslerasi gasnya itu kena banget…

Mesin versi terbaru sangat terasa ketika berakslerasi, dari nol hingga motor sampai melaju di kecepatan 100kpj itu cepat banget didapatnya, tiba2 sudah naik diatas 100 kp/jam saja. Dengan pannjang trek sirkuit pribadi milik AHM yang panjangnya sampai 1,2 km ini, saya sempat mencapai top speed 171km/jam, hehehehe… buat biker yang tiap hari naik PCX 150 ya sudah kenceng banget ini.

Meski akslerasi bertambah power naik, jangan salah… sistem pengereman tetap stabil. Rem ABS bekerja dengan baik, didukung dengan handling yang yang stabil terutama saat mengerem mendadak ataupun ketika menikung. Itu karena ternyata ada resep rahasia bro… AHM kembali meracik ulang sistem suspensi depan.

Dengan akslerasi dan power yang semakin terasa lonjakannya, motor ini tetap stabil soal handling. Sok depan USD yang kini memakai tipa SFF BP seperti yang sudah dipakai di New CBR150RR ternyata memiliki kesan tersendiri. Ketika motor diajak nikung dengan kecepatan sedang sekitar 50-70 km/jam, motor tetap stabil tidak ada oleng2nya, apalagi motor ketika digeber sampai 171km/jam, getaran di motor ini nggak berati banget.

Secara umum terbukti dengan apa yang telah kang ari rasakan langsung di New CBR250RR SP QS sudah sangat membuktikan bahwa motor ini memang motor Sport 250 cc twin paling powerful di Indonesia dan fitur Assist & Slipper clutcnya membuat lembut saat pindah gigi serta akslerasi yang lebih nonjok berkat fitur Quick Shifter memang bikin asik banget…

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini