ARIPITSTOP.COM – Ajang balap Enduro Cross yang digelar pertama kalinya oleh ATPM di Indonesia yaitu Shell bLU cRU Yamaha Enduro Challenge 2022 seri 1 berhasil sukses digelar. Pada Minggu 02 Oktober 2022, Aripitstop hadir langsung dalam acara tersebut dan melihat langsung kemeriahan balap Enduro yang diikuti oleh 59 starter dengan 3 kelas yang menggunakan motor WR155R.

Yamaha Enduro Challenge ini merupakan event baru yang sebelumnya belum pernah ada hadir dalam tingkat pabrikan sepeda motor sebelumnya, tak pelak terlihat jelas antuiasme para peserta baik dari para pembalap Pro maupun dari komunitas.

Terbagi dalam tiga kelas, Enduro Challenge ini memakai Yamaha WR155R yang mengusung tagline The Real Adventure Partner, yaitu WR155R Advance (14 km) yang diperuntukkan untuk pembalap profesional, kemudian WR155R Community A (11 km) dan WR155R Community B (8 km).

Kemudian kalau melihat dari regulasi teknis motornya sendiri, Yamaha WR155R yang digunakan untuk ajang tersebut, tentu dibedakan sesuai dengan kelas masing-masing. Misalnya untuk kelas Advance yang diikuti para pembalap profesional, mesin boleh diboreup, kemudian noken as juga bebas namun untuk dari Sasis dan ECU harus masih standar sedangkan untuk Ban tentu Enduro type dan Knalpot dan per sok dibebaskan. Regulasi ini ternyata sama bagi kelas Community A.

Kemudian regulasi untuk kelas Community B yang tidak boleh dimodifikasi adalah bagian mesin, sasis dan ECU harus stock. Per suspensi dan Knalpot bebas, untuk ban yang digunakan harus ban jenis untuk Motocross atau Enduro.

Dan untuk penentuan peserta dari ketiga kategori tersebut akan melalui proses screening atau verifikasi sesuai dengan regulasi. Kompetisi ini bukan hanya kompetisi kecepatan tetapi juga menekankan keamanan, stabilitas, efisiensi dan enjoy.

Kemudian pembukaan event ini dilakukan langsung oleh President Director YIMM Mr Minoru Morimoto yang bersama para sponsor seperti Shell, KYB, IRC dan NGK menekan tombol untuk melepas balon gelaran Enduro ini ke angkasa sentul. Pembalap pertama yang dilepas yaitu pembalap Nasional Rey Ratukore yang ikut dalam kelas Advance.

Yamaha Enduro Challenge, start dari kawasan Jungle Land Sentul kemudian masuk ke arah perbukitan Sentul Hambalang. Untuk treknya sendiri juga dipisahkan antara kelas Avance dengan Community B, untuk kelas Advance diberikan trek yang lebih menantang sesuia dengan kelas Expert mereka dibandingkan kelas para komunitas.

Minggu pagi sekitar jam 10.00 WIB, Hujan turun dengan derasnya di kawasan Jungleland Sentul ini dan membuat beberapa perubahan jalur Trek untuk kelas Community dengan pertimbangan keselamatan dan kenyamanan peserta, namun balapan enduro tetap jalan dalam keadaan trek basah tentunya.

Bukan hanya menghadirkan balapan untuk para penunggang motor WR155, Yamaha juga menyajikan berbagai keseruan di panggung dari berbagi doorprize untuk para ratusan pengunjung, dan salah satu menarik lainnya adalah ada servis gratis ditempat untuk para penonton. Bagi para pengguna motor Yamaha yang hadir dalam acara tersebut, bisa juga menservice motor Yamaha mereka. Syaratnya, motornya harus minimal buatan tahun 2010 dan membawa STNK. Bukan cuma servis gratis tapi juga mendapatkan oli mesin gratis.

Selain service gratis dan ganti oli, motor yang sudah dilakukan servis ternyata juga mendapatkan fasilitas cuci motor gratis, selain itu dapat voucher Jungle Land 50.000.

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here