ARIPITSTOP.COM – Pembalap muda Indonesia, Veda Ega Pratama, berhasil finis kedua dalam Race 1 Asia Talent Cup (ATC) Thailand di Sirkuit Chang, Sabtu (1/10/2022). Bocah kelahiran 23 November 2008 asal Gunung Kidul ini tak terbendung oleh pembalap lain dari awal hingga akhir lap.

Lagu kebangsaan Indonesia Raya berkumandang di Chang International Circuit, Buriram, Thailand Minggu (2/10/2022), menyusul kemenangan Veda Ega Pratama yang meraih podium tertinggi pada balapan kedua putaran keempat IATC 2022 di Thailand. Ini merupakan kemenangan perdana Veda dalam meraih podium puncak pada persaingan para pebalap muda potensial di level Asia tersebut. Tiga pebalap Indonesia lainnya yang juga didukung Astra Honda Motor yaitu Aan Riswanto, Reykat Fadillah, dan Diandra Trihardika masing-masing finis di posisi ke-6, 8, dan 10.

Seperti pada balapan pertama yang berlangsung sehari sebelumnya, Veda melakukan start dengan bagus dan langsung melesat ke depan. Namun, dia tidak bisa bertahan. Dia bahkan sempat terdorong ke posisi kesembilan pada lap-lap awal. Membalap konsisten, Veda akhirnya bisa memimpin balapan saat memasuki lap kelima. Sempat bersaing ketat dengan beberapa pebalap, Veda memimpin pada pertengahan balapan dan mulai membuka jarak. Pemuda berusia 13 tahun ini mulai memperlebar jarak, hingga ia pun tak tersentuh lagi oleh pebalap lain dan berhasil finis di urutan pertama.

“Alhamdullillah, race 2 berjalan sesuai dengan target saya. Selepas start, saya fokus untuk jaga irama dan jarak pada rombongan pertama. Pada saat yang tepat saya coba attack dan kemudian menjaga kecepatan lap secara konsisten. Upaya saya berjalan sempurna, jarak semakin lebar dan saya tinggal fokus untuk mengatur line dengan baik karena tidak ada tekanan dari lawan saat cornering. Saya sangat senang sekali dengan hasil ini. Kemenangan ini saya persembahkan untuk Orang tua saya, Astra Honda dan masyarakat Indonesia yang selalu mendukung dan mendoakan saya.”

Kemenangan hari ini mengantar Veda naik ke posisi lima di klasemen sementara dengan raihan 71 poin. Reykat menyusul di posisi ketujuh (53 poin), Aan ke-13 (30 poin), dan Diandra ke-15 (28 poin).

Persaingan IATC musim ini akan berlanjut ke putaran kelima di Sepang International Circuit, Malaysia, yang berlangsung pada 22-23 Oktober 2022.

Hasil race 2 IATC Thailand 2022:

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here