ARIPITSTOP.COM – Setelah mengumumkan Kazakhstan, kini giliran India yang resmi akan masuk ke kalender MotoGP mulai 2023. FIM dan Dorna Sports resmi mengumumkan bahwa Buddh International Circuit, India menjadi venue baru di musim 2023.

Tanggal 21 September 2022, rombongan Dorna mengunjungi India, sekaligus menandatangani Nota Kesepahaman (Memorandum of Understandin/MoU). Tetapi, belum diumumkan kepastian penyelenggaraan balapan. Akhirnya, pada Jumat (30/9/2022) hari ini, Dorna Sports mengumumkan bahwa Sirkuit Buddh rakan menjadi venue MotoGP India 2023.

Negara dengan populasi lebih dari 1,4 miliar orang itu merupakan salah satu pasar roda dua terbesar di dunia, yang mana lebih dari 200 juta pengguna sepeda motor di jalanan. Transportasi roda dua turut menyumbang hampir 75% dari total jumlah kendaraan yang digunakan setiap hari. Tak pelak, India merupakan fokus yang menjanjikan bagi pabrikan di paddock MotoGP.

Buddh International Circuit mulai dipakai pada 2011 dan pernah menggelar Formula 1 pada 2011-2013. Panjang trek ini mencapai 5125 m, trek lurusnya sepanjang 1060 m. Treknya juga terdiri dari 16 tikungan.

Sirkuit ini didesain oleh desainer trek ternama asal Jerman, Hermann Tilke. Tilke dikenal mendesain banyak sirkuit internasional, di antaranya Sepang, Sakhir, Shanghai Park, Istanbul Park, Marina Bay, Yas Marina, MotorLand Aragon, Circuit of The Americas, Buriram, dan masih banyak lagi.

Pernyataan Resmi CEO Dorna Sports, Carmelo Ezpeleta:

“Kami sangat bangga bisa mengumumkan bahwa Buddh International Circuit akan masuk ke dalam kalender 2023. Kami punya banyak fans di India dan kami sangat bersemangat bisa membawa olahraga ini kepada mereka.

“India juga kunci pasar bagi industri motor, begitu pula bagi MotoGP sebagai gelaran tertinggi balapan roda dua di dunia. Kami sangat menanti balapan di Buddh International CIrcuit dan sudah tak sabar menyambut fans di gerbang trek untuk menonton ajang menakjubkan ini.”

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here