ARIPITSTOP.COM – Mario Suryo Aji akhirnya tetap dipercaya untuk tetap membela Honda Team Asia berlaga di kelas Moto3 untuk musim 2023. Ia akan kembali bertandem dengan rider asal Jepang, Taiyo Furusato. Pengumuman ini dirilis oleh Honda Team Asia pada Rabu (28/9/2022) pagi WIB, menjelang partisipasi Mario dan Furusato dalam Grand Prix Thailand di Sirkuit Buriram pada 30 September-2 Oktober 2022.

Mario Suryo Aji lahir pada tanggal 16 Maret 2004 di Magetan, Jawa Timur. Ia mengawali balap profesional lewat Astra Honda Racing School.  Tahun 2016, Mario bergabung dengan Astra Honda Racing School, sekolah balap yang berada di bawah naungan Astra Honda Motor.  Lalu untuk mengasah skill, Mario juga sempat belajar di sebuah sekolah balap di Yogyakarta.

Tahun 2018 merupakan musim yang tak terlupakan bagi Mario Suryo Aji berkompetisi di Asia Talent Cup dan Asia Road Race Championship. Event ini saat itu menjadi kompetisi favorit Mario Suryo Aji. Kompetisi tersebut diselenggarakan di Sepang, Malaysia. Aji mengklaim kemenangan pertamanya di seri ini.

Kemudian lanjut di tahun 2019, bocah Magetan ini mengikuti debut pertamanya di balap FIM CEV International Championship. Pada tahun 2021, Mario Suryo Aji menjadi satu-satunya pembalap asal Indonesia yang berkompetisi di Red Bull Rookies Cup.

Dan impiannya untuk tampil di Grang prix akhirnay terwujud lewat kelas Moto3 di musim 2022 bersama tim Honda Team Asia. Bersama tandemnya, Taiyo Furusato (17) dianggap memenuhi program pelatihan yang telah ditentukan dengan sempurna sehingga mereka layak mendapatkan kepercayaan untuk melanjutkan musim berikutnya.’

Hiroshi ayoyama team Manager Honda Team Asia :

” Pertama, saya ingin mengucapkan terima kasih kepada Idemitsu dan semua sponsor kami. Saya senang untuk melanjutkan musim lain bersama-sama. Di Moto3 musim depan, kami akan melanjutkan dengan Mario Suryo Aji dan Taiyo Furusato. Mereka adalah pembalap pemula dan telah mendedikasikan tahun pertama mereka untuk bekerja, belajar, dan berkembang.

Kami ingin mempertahankan perkembangan ini untuk melihat bagaimana mereka dapat meningkatkan dan tampil musim depan. Sebagai sebuah tim, kami akan mencoba memberikan dukungan sebanyak mungkin kepada para pebalap. Mereka akan mempertahankan struktur yang sama di Spanyol. Sekarang kami ingin memulai musim lain dengan mereka, dan saya harap kami akan memiliki perjalanan yang baik bersama. “

Pembalap Indonesia Asal Magetan Jawa Timur Mario Suryo Aji sendiri memberikan statementnya “Musim depan, saya akan memiliki kesempatan untuk melanjutkan tim ini, dan saya bersemangat tentang itu. Itu berarti mereka percaya pada kemampuan saya untuk balapan di level teratas. Tahun ini, saya berjuang dengan beberapa masalah fisik. Meskipun demikian, saya telah belajar banyak, mencetak beberapa poin penting, dan menjalani pengalaman seperti barisan depan saya di Mandalika. Saya senang tinggal di sini. Saya akan bekerja keras selama musim dingin untuk menjadi lebih kuat untuk musim berikutnya. Saya ingin berterima kasih kepada semua orang yang percaya kepada saya. “

Advertisements

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here