ARIPITSTOP.COM – Setelah mengumumkan ekspansi ke India, Dorna Sports selaku pemegang hak komersial MotoGP terus melebarkan sayap, sekaligus mengokokohkan posisinya dalam kawasan Asia. Dorna Sports resmi mengumumkan bahwa Kazakhstan akan masuk ke kalender MotoGP mulai 2023. Balap motor Grand Prix bakal diadakan di Sokol International Racetrack.

Sirkuit Sokol International Racetrack dibangun sejak tahun 2012, bahkan pada tahun 2016 sempat mengundang Jorge Lorenzo sebagai duta dan mulai saat itulah menyerukan bahwa sirkuit ini akan menggelar balapan MotoGP dan WSBK.

Sirkuit ini didesain oleh desainer trek ternama asal Jerman, Hermann Tilke. Tilke dikenal mendesain banyak sirkuit internasional, di antaranya Sepang, Sakhir, Shanghai Park, Istanbul Park, Marina Bay, Yas Marina, MotorLand Aragon, Circuit of The Americas, Buriram, dan masih banyak lagi.

Memiliki panjang 4.495 meter dan lebar 15 meter, Treknya memiliki 15 tikungan, terdiri dari 11 tikungan kanan dan 11 tikungan kiri. Sokol dirancang oleh desainer kenamaan Hermann Tilke. Trek dimungkinkan untuk menyelenggarakan balap, seperti World Superbike, DTM, WTCC, dan kejuaraan lainnya.

Sirkuit Sokol International Racetrack telah mencapai kesepakatan selama lima tahun ke depan untuk menjadi tuan rumah balap motor paling bergengsi MotoGP. Kazakhstan juga akan menjadi negara ke-30 yang menggelar balap motor Grand Prix sejak kejuaraan mulai bergulir pada 1949 silam, dan Sokol International Racetrack bakal jadi venue ke-74 dari tuan rumah MotoGP.

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here