ARIPITSTOP.COM – Balapan MotoGP yang berlangsung di Jepang yang tentunya menjadi tuan rumah bagi pabrikan motor asal Jepang seperti Honda, Suzuki dan Yamaha justru didominasi pabrikan asal Eropa. Melihat hasil balapan kali ini, praktis hanya Marc Marquez dan Quartararo yang masuk finish 10 besar, Jack Miller finish terdepan disusul Brad Binder dan Jorge Martin.

Jack Miller, berhasil memenangi balapan MotoGP Jepang di Sirkuit Twin Ring Motegi, pada Minggu (25/9/2022). Ini adalah kemenangan keempat Miller selama berkarir di MotoGP sejak 2015.

Drama sudah terjadi ketika sesi warmup lap menjelang start, Aleix Espargaro yang mengalami kendala teknis sehingga harus masuk ke pit untuk ganti motor dan harus start dari pitlane.

Start dimulai, start dari posisi ketujuh Jack Miller langsung merangsek kedepan, Setelah berhasil mengambil alih pimpinan, The Thriller tak tersentuh lagi. Ia meninggalkan rival-rivalnya jauh di belakang. Pria asal Australia tersebut menyelesaikan 24 lap dengan keunggulan 3,409 detik.

Binder menyalip sang pole sitter, Marquez, tepat di tikungan pertama. Namun, ini tak bertahan lama, karena Martin menyalip keduanya dan memimpin. Meski begitu, Martin kemudian tersalip oleh Miller pada Lap 3.

Di belakang mereka, Binder dan Oliveira menjalani aksi saling salip, dibuntuti Marquez di posisi 5. Binder kemudian mengambil alih posisi 3 pada Lap 9. Binder juga kemudian menyalip Martin untuk posisi kedua pada lap penutup.

Ini kemenangan pertama Miller musim ini dan yang keempatnya di MotoGP. Posisi kedua jadi milik Brad Binder dari Red bull KTM Factory Racing, sedangkan P3 diklaim Pramac Racing-Ducati Jorge Martin.

Selain drama Aleix Espargaro, GP Jepang ini juga diwarnai tragedi terbakarnya GSX-RR. Takuya Tsuda, pengganti Joan Mir di Suzuki Ecstar, harus mengakhiri balapan lebih cepat usai GSX-RR-nya terbakar. Tidak lama, Alex Rins juga masuk ke Pit akibat isu teknis.

Sementara itu, Bagnaia terus menyerang Quartararo. Sial baginya, ketika mencoba bermanuver untuk mengambil sisi dalam El Diablo, Pecco justru mengalami crash. Alhasil, poin pun gagal diraih.

Aleix Espargaro juga harus pulang dari Jepang tanpa hasil poin Ia berjuang luar biasa untuk memulihka posisi. Tetapi pada akhirnya hanya finis di urutan ke-16.

Hasil balap MotoGP Jepang:

  1. Jack Miller – Ducati Lenovo Team – Ducati
  2. Brad Binder – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  3. Jorge Martin – Prima Pramac Racing – Ducati
  4. Marc Marquez – Repsol Honda Team – Honda
  5. Miguel Oliveira – Red Bull KTM Factory Racing – KTM
  6. Luca Marini – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  7. Maverick Vinales – Aprilia Racing – Aprilia
  8. Fabio Quartararo – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  9. Enea Bastianini – Gresini Racing – Ducati
  10. Marco Bezzecchi – Mooney VR46 Racing Team – Ducati
  11. Johann Zarco – Prima Pramac Racing – Ducati
  12. Pol Espargaro – Repsol Honda Team – Honda
  13. Alex Marquez – LCR Honda CASTROL – Honda
  14. Franco Morbidelli – Monster Energy Yamaha – Yamaha
  15. Cal Crutchlow – WithU Yamaha RNF – Yamaha
  16. Aleix Espargaro – Aprilia Racing – Aprilia
  17. Fabio di Giannantonio – Gresini Racing – Ducati
  18. Raul Fernandez – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM
  19. Remy Gardner – Tech 3 KTM Factory Racing – KTM
  20. Takaaki Nakagami – LCR Honda IDEMITSU – Honda

Gagal finis:

  • Francesco Bagnaia – Ducati Lenovo Team – Ducati
  • Alex Rins – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
  • Darryn Binder – WithU Yamaha RNF – Yamaha
  • Takuya Tsuda – Team SUZUKI ECSTAR – Suzuki
  • Tetsuta Nagashima – Team HRC – Honda

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini