ARIPITSTOP.COM – Event Final Idemitsu bLU cRU Yamaha Sunday Race 2022 dibuka dengan victory lap di lintasan sirkuit yang diikuti oleh ratusan bLU cRU biker dan bLU cRU Fans dari berbagai komunitas Yamaha. Bukan cuma event balapan saja namun Yamaha juga memberikan kesempatan kepada Komunitas serta media untuk merasakan sensasi menggeber All New R15 di sirkuit Sentul dalam tajuk bLU cRU riding experience.

Melalui aktivitas bLU cRU riding experience di Yamaha Sunday Race 20222 inilah Yamaha memberikan kesempatan untuk rekan media dan komunitas agar dapat merasakan langsung All New R15 Connected Series dilintasan balap.

Sebenarnya bagi saya pribadi merasakan sensasi menggeber motor All New R15 Connected di sirkuit Sentul adalah sudah kedua kalinya di tahun 2022 ini. Awal tahun 2022 merasakan langsung getaran mesin All New R15 dan All New R15M Connected. Dan kini semakin lengkap menjalani 4 lap bersama All New R15 standar ketika ikut keseruan bLU cRU riding experience di event Final Yamaha Sunday Race 2022.

Sebelum turun ke lintasan balap trek sirkuit Sentul, para peserta dari komunitas dan media yang jumlahnya sekitar 20 orang terlebih dahulu mendapatkan arahan dari tim Yamaha Riding Academy (YRA) dan pembalap Nasional yaitu M.Faerozi Toreqottullah. Oleh Faerozi, para peserta mendapatkan mengenai bagaimana cara berkendara di lintasan trek sirkuit terutama dalam hal menentukan racing line dan perpindahan gigi di setiap tikungan.

Lanjut, kita langsung disuguhkan unit All New R15 dan All New R15M Connected yang sudah siap di depan paddock untuk kita geber bersama di trek. Kali ini saya mendapatkan kesempatan memakai All New R15 tipe standar. Namun sebelumnya pada awal tahun 2022 ini bersama GMA Track Day Experience dan Yamaha SBW sudah merasakan sensasi naik motor All New R15M Connected, sehingga disini bisa mengutarakan perbedaan dari kedua motor ini ketika digeber di sirkuit Sentul.

Lach, memang antara All New R15 dan All New R15M Connected bedanya apa?, baik Yamaha R15 tipe standar dan Yamaha R15M kini dilengkapi dengan Y-Connect yang menghubungkan motor dengan Handphone pemiliknya.

Bedanya salah satunya ada di bagian tampilan speedometer, kalau R15M mengusung smart cockpit design dengan full digital speedometer yang punya dual mode yaitu street mode dan track mode. Sedangkan tipe standar speedometernya mirip R15 V3. Kemudian Yamaha R15M kini dilengkapi dengan quick shifter sedangkan tipe standar tidak punya, Quick shifter ini membuat ganti gigi naik tanpa harus menarik tuas kopling kopling, akan tetapi kedua motor ini sudah memakai kopling jenis Assist & Slipper Clutch.

Untuk urusan pengereman, Yamaha R15M kini dilengkapi dengan anti-lock braking system (ABS) dual channel. Selain itu, traction control system (TCS) yang hadir pada Yamaha R15M untuk mencegah ban belakang kehilangan traksi atau slip saat permukaan jalan licin atau basah.

Membahas singkat Riding Position ketika naik R15 ini dengan tinggi badan 172cm dan bobot 65kg (perut naik lagi ini…), motor dalam posisi aman ketika diduduki. Kaki bisa menapak dengan sempurna tanpa harus jinjit. Kemudian posisi tangan memang agak lurus dan posisi badan agak membungkuk khas motor sport, kalau merasakan posisi tangan menggenggam stang, sudut stangnya ini tidak terlalu nunduk banget seperti GSX-R150 akan tetapi juga tidak tinggi seperti CBR150R, jadi untuk posisi riding positionnya ini ditengah-tengah antara GSX-R150 yang nunduk banget dan CBR150R terlihat nyantai untuk sekelas motor sport fairing.

Lanjut nyalakan mesin motornya, suara dan getaran mesin memang saya akui ini halus khas motor sport 150cc, getaran mesin juga masih aman. Ketika menginjak gigi 1, presnelingnya memang empuk berkat fitur Assist & Slipper Clutch. Kemudian masuk ditrek, langsung digeber dech… wow… jengat juga ini sensasi gigi 1 kemudian naik ke gigi 2. Lagi-lagi perpindahan gigi tidak keras bahkan cenderung semakin empuk ketika pindah gigi semakin naik.

Asiknya, ketika mesin meraung dikitiran sekitar 5000rpm, indikator VVA menyala yang diiringi dengan dorongan tenaga layaknya ada mini Turbonya gitu dech… Yap… berkat teknologi dari Variable Valve Actuation (VVA) ketika aktif jika dirasakan memang terasa perbedaan dorongan (meski terasa halus) saat VVA bekerja. Tentu saja halus, karena VVA ini bukanlah turbo yang terasa signifikan dorongannya saat aktif hehe, namun jelas terasa banget perbedaan powernya ketika VVA sudah aktif.

foto saat GMA Track Day Experience dan Yamaha SBW

Sayangnya pada event bLU cRU riding experience di event Final Yamaha Sunday Race 2022 ini kita tidak boleh saling menyalip biker di depannya karena lebih ditekankan pada pengalaman berkendara motor All New R15 di trek Sentul bukan untuk saling kebut-kebutan. Namun tenang… saya sudah menggeber motor ini sampai batas limit geberan saya di awal tahun lalu, hehehehe…

Jika saat memakai R15 tipe standar masih harus menarik tuas kopling ketika menaikkan gigi, berbeda ketika memakai All New R15M yang sudah dibekali fitur Quick shifter. Ketika memindahkan gigi keatas, tidak perlu lagi menarik tuas kopling sehingga saya akslerasi motor semakin kencang. Bahkan yang saya rasakan ketika menaikkan gigi, rasanya tetap empuk khas kinerja fitur Assist & Slipper Clutch.

Berkat fitur Quick shifter dan Assist & Slipper Clutch membuat setiap masuk tikungan lebih percaya diri. Ketika downshift, mesin meraung, RPM naik tapi ban diam, aji gile bener dech… sam sekali tidak ada gejala ban ngesot akibat terkunci efek dari engine brake. Ini membuat waktu masuk ke tikungan seperti S kecil jadi lebih cepat.

Soal pengereman, kedua tipe motor bekerja dengan baik, untuk tipe standar yang tidak dibekali fitur ABS, performa pengereman tetap pakem untuk bagian depan sedangkan rem belakang justru lebih pakem lagi. Sedangkan kinerja dari rem ABS untuk tipe R15M, ABS aktif ketika motor benar2 kita rem dalam, getaran dut-dutan terasa banget ketika ABS sedang aktif yang menandakan ban depan maupun belakang tidak selip ketika direm secara mendadak.

Inilah sekelumit pengalaman bersama All New R15 di sirkuit Sentul, asik dan seru tentunya bisa menggeber motor sport 155cc dari Yamaha. Oleh Yamaha Indonesia, All New R15 dipasarkan dalam 3 varian yaitu, All New R15M Connected-ABS dipasarkan Rp43,885 juta dan All New R15 Connected Rp39,240 juta, sedangkan untuk All New R15M Connected-ABS edisi World Grand Prix 60th Anniversary livery dibanderol Rp44,495 juta (OTR Jakarta).

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here