ARIPITSTOP.COM – Perawatan motor bukan hanya selalu fokus pada bagian mesin atau CVT saja, akan tetapi bagian fitur-fitur keamanan dan kenyamanan juga diperlukan, seperti contohnya pada bagian pengereman, jangan sampai rem tidak berfungsi ketika kita gunakan karena rem bisa ngeblong atau sebaliknya rem ngunci/macet seperti yang terjadi pada motor yang satu ini.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor Yamaha Xabre yang kondisi rem belakangnya itu ngunci alias tidak roda belakang sampai terkunci tidak bisa bergerak akibat rem cakram tertekan terus.

Ketika kita cek awal, ternyata kondisi remnya tidak bisa balik, alias seal master remnya macet tidak bisa bergerak lagi yang berakibat kampas rem menekan cakram piringan makanya roda belakang tidak mau berputar alias macet.

Solusinya bagaimana?, langkah pertama jelas melihat kondisi seal master remnya, dibongkar kemudian diservis dulu seal masternya apakah masih bisa ditolong atau tidak, kalau tidak bisa ditolong ya harus ganti baru cukup seal master remnya saja.

Dan ketika seal master rem kita bongkar, benar saja kondisi seal master remnya macet akibat sudah penuh dengan karat. Bisa dilihat kondisi master remnya penuh dengan kotoran karat.

Kemudian bagian seal master remnya juga sudah kotor dan karatan, makanya seal master remnya selalu mendem alias nonjok terus alias tidak bisa bergerak yang berakibat rem cakram belakang jadi macet roda belakang tidak bisa berputar.

Seal master remnya kali ini coba kita servis dulu, memang sih… lebih bagus ya ganti dengan yang baru, namun kalau dompet lagi kepepet ya coba diservis dulu saja, sambil nabung nanti kalau sudah ada dana baru dech diganti yang baru.

Untuk lebih lanjut bisa dilihat video servis rem cakram dibawah ini: link klik disini

Advertisements

5 KOMENTAR

  1. Benar lebih baik ganti baru , jd selama pakai repair kitnya nabung buat beli baru master remnya, soalnya rata rata hy ganti repairkitnya tdk akan lama usianya

    • Mas Ari, motor saya R15 v2 ini motor awal2 normal tapi kalau sudah jalan agak jauh kadang gas nya tiba2 drop dan kalau gasnya di tutup langsung mati, kadang juga setelah drop naik lagi kalau gasnya di pertahanin, dan kalau sudah mati awal2 nya di hidup kan lagi gampang sampai 2 atau 3x mati setelah itu susah banget hidup nya harus nunggu beberapa menit dulu baru gampang hidupnya setelah itu motor normal tapi kalau sudah agak jauh kambuh lagi suka ngedrop dan mati, itu permasalahannya apa yang mas Ari? (motor sering nganggur hehehe…)

      Sama lampu belakang redup sebagian led kedap kedip manja sebagian ada yang mati led nya, tapi lampu rem normal nyalanya terang tapj led yang mati tetap mati (ini setelah saya perbaikan masalah rem belakang yang suka mengunci seperti hal yang di atas) dan sekarang switch rem depan belakang gak berfungsi.

      Ternyata kendaraan sering nganggur malah banyak masalah nya hehehe…

      • Saya rasa motor anda ada pertama masalah di listrik dan kedua overheat, coba cek kiprok nya normalkah karena terlihat jelas lampu lednya kedap kedip manja kl kondisi aki normal tdk drop , kl drop coba charge dl atau coba py teman akinya pinjam dl sebentar kl dah pasti baru beli baru, karena aki sudah jelek disertai pengisian aki juga error’ , fuel pump jd brebet dan sensor jd kacau makanya jd susah dihidupkan bs dicoba pakai voltmeter di akinya normal atau tidak dan test kiprok bs pakai voltmeter juga, jd kesimpulan aki dan kiprok yg kedua overheat karena pembakaran gak sempurna dr kasus aki dan kiprok yg pertama , cek jalur radiator , air radiator dan kipas radiator , kl oke dipastikan mmg dr aki dan kiprok karena kondisi motor yg jarang pakai tsb

        • Kalau masalah kiprok pasti ada pesan dari speedo tanda nya ada yang kedap kedip (karena sudah pernah kena di kiprok dan sudah ganti), kalau masalah overheat bukan nya juga ada pesan bro di speedo nah… di motor ane gak ada pesan atau tanda sama sekali di speedo, kipas radiator nya berfungsi dengan baik, kalau masalah lampu belakang itu sudah saya cek langsung saya colokin ke aki yang normal dan sama saja hasil nya, masalah aki juga masih normal dan bagus, masa iya kiprok lagi ya? hadew…

  2. Sama kyk vixion lightning kmren, ganti isi yg ori ,kelang bbrp lama macet lagi ,akhirnya ganti master baru beli ori yamaha 400rb kurang dikit ,pasang sendiri beres

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here