ARIPITSTOP.COM – Mau ganti busi sendiri di rumah atau kepepet di jalanan motor mogok mencoba ganti busi sendiri?, awas jangan sampai salah beli atau pasang tipe busi, karena bukannya motor bisa hidup tapi malah nambah masalah lain.

Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan tamu motor mio dalam kondisi mogok, pertama kali yang kita lakukan adalah mengecek apakah busi ada apinya atau tidak, dan ketika kita lepas businya, lah kok aneh ujung businya ketekuk nempel sama elektrodanya.

Dan ketika kita lihat lagi businya, loch…. ini salah businya, Mio karbu itu memakai busi tipe ulir pendek, ini kok dikasih busi ulir yang panjang, alhasil bentrok dech… entah bentrok dengan klep atau piston. Dilihat dari kondisi busi yang terpasang, di ujung businya terlihat ada bekas benturan.

ujung busi bengkok

Ketika motor kita cek kompresinya, ternyata juga ngempos kompresinya, alhasil motor harus dilakukan servis besar.

Dan ketika motor sudah kita bongkar bagian cylinder headnya, ternyata Busi bentrok dengan klep.

Inilah akibatnya kalau salah memasang tipe busi yang salah, ketika motor yang aslinya memakai tipe busi pendek tapi dikasih tipe busi yang panjang maka dipastikan akan mentok klep atau piston.

Seperti contohnya pada Mio Karbu ini, harusnya memakai tipe busi pendek, tapi dikasih busi yang panjang.

contoh busi tipe panajng dengan tipe pendek

Salah pemilihan tipe panas tidak masalah kalau buat darurat, tapi kalau salah pemilihan panjang ulirnya, ini yang bahaya.

Motor yang memakai tipe busi ulir pendek tidak boleh memakai busi ulir panjang.

Tapi, motor memakai tipe busi panjang bisa dan boleh memakai busi ulir pendek, dengan catatan hanya untuk kondisi darurat saja ya… karena kalau motor yang memakai busi tipe panjang dikasih busi yang ulir pendek, motor bisa hidup tapi hasil pembakaran kurang bagus, karena kompresinya juga jadi berkurang.

Ketika motor memakai tipe busi pendek dipasang busi panjang:

Yang benar pakai busi pendek

Yang salah pakai busi panjang

Untuk lebih  jelas, bisa tonton di video ya…

Advertisements

1 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here