ARIPITSTOP.COM – Ganti kruk as baru hanya karena dratnya yang dol atau selek?, memang solusi yang lebih bagus tapi tentu juga harus mengeluarkan biaya yang besar pula. Untuk solusi yang lebih hemat bisa dengan cara drat kruk as dibikin ulang lagi, meski tidak sebagus kalau ganti baru namun dijamin tetap kuat, ada dua cara yaitu bikin drat ulang dengan tetap turun mesin atau tanpa harus turun mesin.

Ganti kruk as baru hanya karena drat atau ulir di kruk as Yamaha Aerox rusak selek atau dol, inilah yang dikeluhkan beberapa owner Aerox 155 dan Nmax ataupun Lexi akibat drat kruk asnya mudah selek.

Mur CVT yang ada di pully depan motor Nmax dan Aerox memang pendek, berukuran 17 mm namun panjang ulirnya yang pendek sehingga akan mudah selek ulirnya kalau mekanik salah torsi saat memasangnya, bisa terlau kencang atau justru kekendoran, keduanya punya efek yang sama, yaitu ulir pada kruk as atau Mur bisa selek.

Contoh drat yang selek:

Sebagai antisipasi, makanya sekarang sudah tidak asing lagi ketika Mur 17 bawaan motor diganti dengan Mur yang ulirnya lebih panjang, kalau saya sendiri memakai Mur 19 yang sekalian ada penguncinya seperti pada gambar dibawah ini atau bisa pakai Mur As Roda belakang motor bebek Yamaha seperti Jupiter Z atau Vega.

Kalau ulir atau drat pada kruk as Nmax atau Aerox sudah selek atau rusak, mau tidak mau kruk asnya didrat ulang atau diganti kruk as yang baru.

Solusi yang hemat kini hadir di bengkel Zona Speed, dengan cara pembuatan drat baru tanpa harus turun mesin, alias pembuatan drat baru ditempat.

Solusi ini adalah drat kruk as dilas dulu, istilahnya untuk tambah daging, kemudian setelah mencapai ukuran yang ditentukan, kruk as tersebut didrat ulang sesuai ukuran standar bawaan motor. Biaya yang dikeluarkan untuk tambah daging drat ulang tanpa turun mesin bervariasi antara 200-300 ribuan.

Cek videonya dibawah ini:

Advertisements

5 KOMENTAR

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here