ARIPITSTOP.COM – Tim satelit besutan Herve Poncharal yang kini bernaung di KTM resmi akan berubah nama menjadi GASGAS pada musim 2023, dalam peresmian ini sekaligus mengumumkan Pol Espargaro menjadi pembalap utama yang akan menaiki motor GASGAS RC16, motor ini akan sangat identik dengan para pembalap pabrikan KTM yang menggunakan KTM RC16.

Pada hari Jumat di Grand Prix di Austria, telah diumumkan bahwa GASGAS dan Tech3 akan bekerja sama untuk menjadi Tim Balap Pabrik GASGAS di MotoGP ™ pada tahun 2023, dengan pembalap Pol Espargaro dikonfirmasi sebagai salah satu bintangnya, namun belum dikonfirmasi siapa yang akan menjadi pembalap kedua.

Sebagai catatan, GASGAS adalah pabrikan Spanyol yang diakuisisi KTM mulai 2019. Mereka menjalani debut di Moto3 bersama Aspar Team pada 2021 dan saat ini menaungi Sergio Garcia dan Izan Guevara. Kerja sama ini akhirnya melebar ke Moto2 musim ini. Dan pada akhirnya mulai musim 2023 mulai masuk ke kelas MotoGP melalui Tech3.

Jadi, GASGAS/Tech3 pada musim depan tetap akan memakai motor KTM RC16 sehingga meski memakai nama merk pabrikan motor yang berbeda, sesuai regulasi di MotoGP maka tim ini tetap tidak akan mendapatkan konsesi seperti halnya tim pabrikan yang baru bergabung ke MotoGP. Kenapa tidak mendapatkan konsesi?, karena motornya memakai KTM RC16 yang sekarang sudah kehilangan konsesi.

Menurut regulasi, Pierer Mobility yang menaungi KTM, GASGAS, dan Husqvarna bisa menurunkan satu tim lagi bernama dengan mesin KTM RC16 pakai ‘warna’ lain di MotoGP. Syaratnya, mesin ini wajib bersifat prototipe, tak boleh merupakan mesin superbike yang dimodifikasi, dan tak boleh diperjualbelikan di pasaran.

Dengan begitu semua komponen dan struktur motor GASGAS yang dipakai Tech 3 harus identik dengan motor KTM RC16.

Pernyataan Resmi GASGAS:

“Mulai 2023, merek motor ikonik asal Spanyol, GASGAS, akan bergabung dengan MotoGP untuk pertama kali bersama Tech 3 Factory Team yang berubah menjadi merah. Kru pemenang ini akan dilengkapi oleh teknologi GASGAS MotoGP dan akan menggunakan mesin di tangan Pol Espargaro, dengan pembalap kedua akan dikonfirmasi segera.”

“GASGAS ingin membawa suasana muda, segar, dan penuh semangat mereka ke panggung tertinggi yang berarti mengubah obyektif Tech 3 Factory Racing pada 2023. Tim ini, bersama Pol Espargaro, akan menjadi anggota baru keluarga GASGAS. Pembalap berusia 31 tahun itu akan terikat dengan budaya Iberia GASGAS dalam kiprah perdana mereka di MotoGP.

“Corak merah dan putih akan melaju lebih cepat dari sebelum-sebelumnya berkat proyek baru GASGAS MotoGP. Pabrikan ini akan menjadi pabrikan keenam di MotoGP pada 2023, tetapi sudah didukung dengan kemenangan dan podium Grand Prix di Moto3 dan Moto2 pada dua musim terakhir berkat GASGAS Aspar Team.”

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini