ARIPITSTOP.COM – Kali ini bengkel Zona Speed kedatangan motor matic yang mengeluhkan suara kasar di motornya, ketika dicek ternyata suara kasar berasal dari bagian CVT. Motor ini informasi dari dari sang pemilik kalau semenjak motor baru datang ke rumah sampai sekarang sudah berjalan hingga 10ribuan km, motor nya belum pernah sama sekali servis CVT, dan hasilnya ya… rontok begini dech…

Ceritanya pemilik motor ini datang dengan keluhan suara kasar, ketika dicek ternyata sumber suara berasal dari bagian CVT, dibongkar dech bagian CVTnya. ketika dibongkar… cek video dibawah ini.

Motor ini berumur kurang lebih dua tahun dengan jarak tempuh 10ribuan km. Tidak pernah servis CVT semenjak beli baru, dan lihat foto2 dibawah ini.

Kondisi Roller pada peang bahkan ada yang hancur, lalu kondisi rumah roller sudah oblak bahkan terlihat kotoran seperti debu karat.

Belum lagi kondisi V-belt yang mulai sedikit retak2 padahal belum waktunya ganti namun akibat tidak ada perawatan akhirnya ganti lebih cepat.

Inilah pentingnya perawatan sebuah motor matic yang harus lebih ekstra dibandingkan dengan motor bebek atau motor sport yang tanpa perawatan bagian CVT. Servis CVT dianjurkan setiap 2-3 bulan sekali atau maksimal setiap 5 ribu km agar kondiis part di dalam CVT selalu terjaga dan selalu nyaman saat dipakai.

Advertisements

9 KOMENTAR

  1. Mas kalo slider emang gampang oblak bukannya?
    Punya saya baru ganti, pas 1 bulan kemudian saya servis lagi ud ngelos lagi aj..

  2. Kode error 12 selalu menghantui aerox old kang ari, minta solusinya dong biar gak kena kode 12.apa harus rajin bersihkan magnet spull atau soket nya di tutup/lakban biar gak kena kode 12.
    ane user aerox r 2020

  3. Motor sya Address th 2019, nggk pernah service kcuali service gratis dr dealer 4x ktika motor baru, smpai skrg dah 53.8xx km, CVT nggk pernah diservice, Alhamdulillah aman2 aja

  4. Wah serem ya..gimana pake motornya itu?
    motor saya vario 125 2015 km sudah 32ribuan belum pernah servis CVT., belum pernah ganti v-belt juga. Cuma ganti oli doang.alhamdulillah masih sip.

  5. yg ky gini banyak sih. habis beli cuma dipake aja terus. dipikir semuanya akan abadi hehehe. servis rutin ga pernah apalagi buka buku panduan servisnya . yg ada langsung dibuang

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here