ARIPITSTOP.COM – Agak kaget juga melihat kondisi rangka motor yang kondisi rangkanya sudah karat bahkan patah akibat kondisi karat yang sangat parah. Hal ini tentunya menjadi tanda tanya, kenapa rangka motor ini bisa cepat karat hingga patah, ternyata tersangkanya adalah air laut.

Kenapa air laut/ air pantai itu sangat berbahaya bagi kendaraan?, karena punya kadar garam yang tinggi, kalau dibiarkan bisa mengkikis rangka dan akhirnya keropos.

Kendaraan yang kena air laut beresiko mempercepat proses korosif atau timbulnya karat karena kandungan garam yang tinggi di air laut. Kalau motor sering melewati genangan air laut, tingkat korosifnya jadi lebih tinggi dan efek kerusakannya lebih besar. Misalnya membuat plat bodi kendaraan menggelembung di bagian cat luar. Selain itu, Rangka bagian bawah sangat rentan keropos, terutama untuk motor matic yang sebagian besar rangkanya ada di bagian bawah.

Awal terjadinya karat biasanya diawali dengan kondisi cat yang menggelumbung, ini sudah diidentifikasikan rangka mengalami karat, kalau dibiarkan saja maka kondisi karat akan semakin menyebar. Pencegahannya, ketika sudah ada cat yang menggelumbung atau mengelupas, segera dicat ulang rangkanya meski hanya pada bagian yang sedikit kena karat saja.

Untuk pencegahan agar rangka sebuah motor tidak cepat alami korosi yang parah, tentunya jika motor harus sering-sering dicuci pakai air darat. Apalagi kalau kita tinggal di daerah pantai dan pastinya motor sering melewati genangan air laut, tingkat korosifnya jadi lebih tinggi dan efek kerusakannya lebih besar.

Melihat fenomena ini, semua jenis rangka apapun itu tipe motornya akan sangat mudah terkena korosi jika sering terkena air laut atau tinggal di sekitar pantai.

Salah satu akibat ganasnya air laut bisa dilihat pada kondisi motor yang satu ini. Dishare oleh akun bernama Teguh Mdt di grup FB mekanik. Memperlihatkan kondisi rangka motor ini terlihat patah akibat korosi yang parah.

Motor ini diinformasikan tinggal di daerah pantai, menurut bro Teguh Mdt ini, motor yang tinggal di daerah pantai memiliki perawatan yang khusus seperti pengecekan rangka setiap 3 bulan sekali, dan rangkanya dilumasi memakai oli atau pelumas.

“ini dg catatatan motor tak pernah dibongkar dicek tau pakai ya, Lain kalau yg setiap 3bulan sekali di cek”.

“Disini motor setiap 3 bulan sekali harus bongkar bodi sambungan las di kasih oli ujtuk memperlambat karat. Bisa juga sih bodynya diganti besi stainles steel tapi mahal trus performa motor jadi turun masalahnya besinya berat.” tutur bro Teguh.

Advertisements

2 KOMENTAR

  1. Kalau di tempat saya ada air yg ph asamnya tinggi, alhasil warna kendaraan jadi berubah. Jd ke kuning”an gitu.

    Perubahan yg paling cepat di area mesin.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here